Cara Daftar OpenSea: Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara Daftar OpenSea: Panduan Lengkap untuk Pemula

Apakah kamu tertarik untuk terjun ke dunia NFT (Non-Fungible Token) dan ingin tahu cara daftar OpenSea? OpenSea adalah salah satu NFT marketplace terbesar dan terpopuler di dunia, yang memungkinkan kamu untuk membuat, menjual, dan membeli NFT.

Dalam artikel ini, kami akan memandu kamu langkah demi langkah tentang cara daftar OpenSea, mulai dari membuat akun hingga menjual NFT pertama kamu.

Cara Daftar OpenSea

Untuk daftar OpenSea, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web OpenSea (https://opensea.io) dan klik tombol “Create” di sudut kanan atas.
  2. Masukkan alamat email kamu dan buat kata sandi.
  3. Verifikasi alamat email kamu dengan mengklik tautan yang dikirimkan ke email kamu.
  4. Setelah akun kamu diverifikasi, kamu dapat mulai menjelajahi OpenSea dan membuat koleksi NFT kamu sendiri.

Cara Daftar NFT di OpenSea

integrasi opensea pro polygon
Sumber: NFT Plazas

Setelah kamu memiliki akun OpenSea, kamu dapat mulai membuat dan menjual NFT. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga: Cara Membuat NFT di OpenSea: Panduan Lengkap untuk Pemula

  1. Klik tombol “Create” di sudut kanan atas dan pilih “My Collections”.
  2. Klik tombol “Create New Collection” dan masukkan nama, deskripsi, dan gambar untuk koleksi kamu.
  3. Setelah koleksi kamu dibuat, kamu dapat mulai menambahkan NFT ke dalamnya. Klik tombol “Add New Item” dan pilih file yang ingin kamu unggah.
  4. Masukkan judul, deskripsi, dan harga untuk NFT kamu.
  5. Pilih blockchain yang ingin kamu gunakan (Ethereum atau Polygon) dan klik tombol “Create”.

Cara Daftar OpenSea Gratis

Jika kamu ingin daftar OpenSea secara gratis, kamu dapat menggunakan jaringan Polygon. Polygon adalah blockchain yang kompatibel dengan Ethereum yang menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah. Untuk menggunakan Polygon, kamu perlu menginstal MetaMask dan menambahkan jaringan Polygon ke dalamnya.

Cara Daftar OpenSea di Android

OpenSea luncurkan alat onchain
unsplash.com

Untuk daftar OpenSea di Android, kamu dapat menggunakan aplikasi OpenSea yang tersedia di Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi, kamu dapat membuat akun dan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti pada versi web.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Daftar OpenSea

Sebelum kamu daftar OpenSea, ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan:

  • Biaya transaksi: OpenSea membebankan biaya transaksi sebesar 2,5% untuk setiap penjualan NFT. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada blockchain yang kamu gunakan.
  • Keamanan: Pastikan kamu menggunakan kata sandi yang kuat dan mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) untuk melindungi akun kamu.
  • Pilih blockchain yang tepat: OpenSea mendukung dua blockchain, Ethereum dan Polygon. Ethereum adalah blockchain yang lebih populer, tetapi memiliki biaya transaksi yang lebih tinggi. Polygon adalah blockchain yang lebih baru dengan biaya transaksi yang lebih rendah, tetapi memiliki ekosistem yang lebih kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Daftar OpenSea

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan daftar OpenSea:

Kelebihan:

  • Platform terbesar: OpenSea adalah NFT marketplace terbesar dan terpopuler di dunia, yang berarti kamu akan memiliki akses ke lebih banyak pembeli potensial.
  • Mudah digunakan: OpenSea memiliki antarmuka yang ramah pengguna, yang memudahkan kamu untuk membuat dan menjual NFT.
  • Mendukung berbagai macam aset: OpenSea mendukung berbagai macam aset, termasuk gambar, video, audio, dan model 3D.

Kekurangan:

  • Biaya transaksi: OpenSea membebankan biaya transaksi sebesar 2,5% untuk setiap penjualan NFT, yang dapat menjadi mahal jika kamu menjual NFT dengan harga rendah.
  • Keamanan: OpenSea telah mengalami beberapa peretasan di masa lalu, yang dapat membuat kamu khawatir tentang keamanan aset kamu.
  • Ekosistem yang terpusat: OpenSea adalah platform terpusat, yang berarti bahwa kamu tidak memiliki kendali penuh atas aset kamu.

Perbandingan OpenSea dengan Marketplace NFT Lainnya

Berikut adalah tabel perbandingan OpenSea dengan marketplace NFT lainnya:

FiturOpenSeaRaribleSuperRare
Biaya transaksi2,5%2,5%15%
KeamananPernah diretasBelum pernah diretasBelum pernah diretas
DesentralisasiTerpusatTerdesentralisasiTerdesentralisasi
Jumlah penggunaTerbanyakSedangSedikit

Paragraf Penutup

OpenSea adalah platform yang bagus untuk membuat, menjual, dan membeli NFT. Namun, sebelum kamu daftar OpenSea, pastikan kamu mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya transaksi, keamanan, dan jenis blockchain yang ingin kamu gunakan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, kamu dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah OpenSea cocok untuk kamu.

Penting juga untuk memahami bahwa langkah pertama dalam dunia NFT dan Web3 tidak hanya sebatas pendaftaran di platform. Aspek krusial lainnya adalah memilih dan menggunakan dompet Web3 yang aman dan efisien untuk mengelola aset digital.

Baca Juga: 8 Altcoin yang Berpotensi Bull Run 10x-100x Menjelang Halving 2024

Pintu Web3 Wallet menawarkan solusi ideal dengan fitur keamanan yang kuat dan antarmuka pengguna yang ramah, memastikan pengalaman dalam berinteraksi dengan ekosistem Web3 menjadi lancar dan aman.

Dengan mempersenjatai diri dengan alat yang tepat seperti Pintu Web3 Wallet, siap untuk menjelajahi dunia NFT dan memanfaatkan peluang yang ada dengan kepercayaan diri dan keamanan yang maksimal. Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi