Gara-gara Dukung Bitcoin, Suara Kandidat Capres Argentina Melonjak!

Gara-gara Dukung Bitcoin, Suara Kandidat Capres Argentina Melonjak!

Pada bulan Oktober mendatang, negara Argentina akan menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) untuk masa jabatan periode 2023-2027. Salah satu kandidat Calon Presiden (Capres) yang mendapat perhatian yaitu Javier Milei.

Inflasi di Argentina Lebih dari 100%

Javier Milei yang dikenal sebagai seorang ekonom dan politisi tengah mendapatkan sorotan karena memiliki pendapat yang kritis terhadap sistem moneter yang saat ini dijalankan oleh pemerintahan Argentina. Kritik keras tersebut disampaikan dengan menawarkan solusi, di mana kandidat Presiden Argentina ini mendukung mata uang crypto Bitcoin.

Milei percaya bahwa Bitcoin dapat menjadi solusi untuk masalah ekonomi yang sedang dihadapi Argentina saat ini. Dikutip dari Badan Pusat Statistik Argentina (INDEC), inflasi tahunan Argentia per Februari 2023 mencapai 102,5% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Dengan inflasi yang begitu tinggi, negara ini telah mengalami ketidakstabilan ekonomi yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan sebagian besar disebabkan oleh kebijakan bank sentral yang tidak efektif dan adanya korupsi sistemik dalam tubuh pemerintahan.

Bitcoin Bisa Jadi Solusi Inflasi?

Kompleksnya masalah ekonomi di negaranya, membuat Milei melirik Bitcoin yang menurutnya memiliki potensi untuk menggantikan sistem uang fiat yang ada. Ia menunjukkan bagaimana Bitcoin, sebagai aset yang mampu memberikan perlindungan untuk bagi setiap individu dari inflasi dan intervensi pemerintah yang berlebihan. Karena menurutnya lagi, masalah inflasi ini merupakan masalah besar yang telah menghancurkan nilai tabungan dan pendapatan masyarakat.

Lebih ekstrem lagi, Milei menilai Bitcoin dapat menjadi alat untuk mengurangi kemiskinan. Maka itu, dengan mempromosikan penggunaan Bitcoin, Ia percaya bahwa aset crypto ini bisa memberi individu lebih banyak kontrol atas kekayaan masyarakat itu sendiri dan memungkinkan untuk melindungi diri dari kebijakan ekonomi yang berpotensi merusak.

Dalam wawancaranya Milei yakin tentang Bitcoin yang mampu berkompetisi dengan mata uang global lainnya, “Bitcoin memiliki algoritme yang suatu hari nanti akan mencapai jumlah tertentu dan tidak ada lagi, dan dapat bersaing dengan mata uang lain, bahkan bersaing dengan Ethereum dan lainnya,” ujar Milei.

Bitcoin Jadi Alat Pembayaran

Untuk mewujudkan keinginannya, Javier Milei berjanji jika Ia terpilih menjadi Presiden Argentina maka Ia akan menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di Argentina. Jika langkah tersebut diwujudkan dapat mendorong adopsi Bitcoin di negara-negara lainnya dan menjadikan Argentina sebagai pemimpin dalam ekonomi Bitcoin global menyusul El Savador.

Baca juga: Pro Bitcoin Sejak 2021, El Salvador Tunjukkan Stabilitas Keuangan Negara di Tengah Krisis Perbankan!

Popularitas Milei Meningkat Setelah Mendukung Bitcoin

Dalam jajak pendapat terbaru, Milei merupakan kandidat presiden kedua terpopuler di Argentina, dengan raihan total 18% suara. Saat ini, Ia hanya tertinggal beberapa persen dari presiden petahana, Alberto Fernández. Akibat pandangannya tentang penerapan Bitcoin, popularitasnya Milei meningkat. Hal itu menunjukkan bahwa pandangannya terhadap Bitcoin mendapatkan dukungan oleh masyarakat Argentina.

Baca juga: Inflasi Tinggi, Warga Argentina Getol Adopsi Bitcoin?

Namun, masih harus dilihat apakah benar jika terpilih nanti, Javier Milei dapat mewujudkan visinya untuk Bitcoin di Argentina? Namun perlu diapresiasi bahwa dengan memasukan diskursus tentang Bitcoin dalam kampanyenya, hal tersebut adalah langkah positif yang menunjukkan pentingnya posisi mata uang crypto dalam dunia ekonomi saat ini.

Referensi: