Capai Rekor Baru, Transaksi Litecoin (LTC) Sentuh 167 Juta dan Alamat Aktif Hariannya Naik 54%!

author:

Capai Rekor Baru, Transaksi Litecoin (LTC) Sentuh 167 Juta dan Alamat Aktif Hariannya Naik 54%!

Litecoin (LTC), salah satu mata uang digital paling terkemuka, telah mencapai Rekor Tertinggi Sepanjang Masa (ATH) dalam transaksi pembayaran. Hal ini menunjukkan penerimaan dan adopsi Litecoin yang semakin meningkat sebagai opsi pembayaran yang layak di berbagai sektor. Selain itu, jumlah alamat baru Litecoin juga diketahui telah melonjak 55% dalam beberapa waktu menjelang acara halving Litecoin yang akan datang.

Simak lebih lanjut, yuk!

Peningkatan Adopsi Litecoin (LTC)

pertumbuhan litecoin menjelang halving
Twitter

Baru-baru ini, Litecoin telah mencapai tonggak penting dalam adopsi pembayaran. Pasalnya, cryptocurrency ini telah mencapai ATH dari 167 juta transaksi, berdasarkan cuitan akun Twitternya pada 23 Juni 2023 kemarin. Dengan rekam jejak yang kuat dan fokus praktis, Litecoin menawarkan alternatif yang menarik bagi investor.

Waktu transaksi yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan Bitcoin (BTC) membuat Litecoin (LTC) lebih praktis untuk penggunaan sehari-hari. Selain itu, likuiditas Litecoin memainkan peran penting dalam meningkatkan prominensinya dalam ekosistem crypto.

Baca juga: Jelang Litecoin Halving, Transaksi LTC Melonjak Hingga 25 Juta!

Sebagai cryptocurrency keempat yang paling likuid, LTC menunjukkan kedalaman pasar yang kuat dan volume perdagangan. Likuiditas ini sangat penting untuk memfasilitasi transaksi tanpa gesekan dan menarik spektrum pelanggan yang lebih luas, termasuk pedagang, investor, dan perusahaan.

Pertumbuhan Jaringan Litecoin Menjelang Event Halving

Tidak hanya itu, laporan Finbold (21/623) mencatat bahwa setelah mengalami volatilitas, jumlah alamat aktif harian dan alamat baru di blockchain Litecoin telah kembali ke lintasan naik lagi, mengalami peningkatan masing-masing sebesar 28% dan 54,6% dalam 7 hari, menurut data IntoTheBlock pada 19 Juni 2023.

Grafik alamat aktif harian Litecoin – Sumber: IntoTheBlock

Lonjakan ini terjadi hanya beberapa hari setelah total alamat LTC mencapai tonggak sejarah 200,7 juta, melampaui 181 juta Ethereum (ETH), menurut data dari platform intelijen pasar on-chain Glassnode yang ditunjukkan pada 17 Juni 2023 lalu.

Meskipun pertumbuhan aktivitas jaringan terbaru bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satu pendorong yang paling jelas adalah acara halving Litecoin yang akan datang, yang akan berlangsung pada 3 Agustus 2023.

Mengapa Litecoin Mengalami Pertumbuhan Jaringan?

Lonjakan jumlah alamat aktif harian dan alamat baru, serta total alamat pada rantai Litecoin (LTC) menunjukkan peningkatan minat yang cukup besar pada salah satu aset paling populer di pasar crypto.

Selain itu, pada bulan Mei 2023 lalu, Litecoin dilaporkan menggulingkan Bitcoin untuk pertama kalinya dengan metrik utama, jumlah alamat baru per hari menurut on-chain sleuth dan pendukung LTC, Shan Belew. Lebih lanjut, Litecoin menyaksikan pertumbuhan yang kuat dalam hal volume on-chain, Belew mencatat dalam utas Twitter-nya, mengutip laporan Finbold.

Tidak bisa dipungkiri, event halving Litecoin yang akan datang menjadi salah satu faktor terbesar peningkatan pada Litecoin (LTC). Halving mengacu pada pengurangan terprogram dalam tingkat di mana koin LTC baru diberikan kepada penambang. Terjadi setiap empat tahun sekali, halving yang akan datang akan mengurangi hadiah blok LTC dari 12,5 LTC saat ini menjadi 6,25 LTC.

Baca juga: Litecoin Menguat Menjelang Halving, Potensi Keuntungan Besar Menanti!

Secara historis, peristiwa halving diikuti oleh kenaikan harga yang signifikan dalam mata uang crypto yang bersangkutan, dan karena Litecoin akan terjadi dalam waktu kurang dari dua bulan, maka pertumbuhan jaringan tidak terlalu mengejutkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: