Canon Melawan Dominasi ASML dengan Mesin Canggih Baru!

author:

Canon Melawan Dominasi ASML dengan Mesin Canggih Baru!

Canon, perusahaan Jepang yang terkenal dengan kamera dan printer-nya, kini meluncurkan alat kritis yang diklaim dapat membantu dalam pembuatan semikonduktor paling canggih. Apakah ini awal dari kebangkitan industri chip Jepang? Simak selengkapnya, yuk!

Canon Melawan Dominasi ASML

canon lawan dominasi asml
Sumber: Techspot

Canon baru saja meluncurkan sistem “nanoimprint lithography” terbaru yang menjadi tantangan bagi perusahaan Belanda, ASML, yang mendominasi pasar mesin litografi ultraviolet ekstrem (EUV). Mesin ASML sangat penting dalam pembuatan chip paling canggih seperti yang digunakan dalam iPhone terbaru Apple yang diproduksi oleh TSMC di Taiwan.

Baca juga: Amerika Memperketat Aturan untuk Membatasi Akses China ke Chip AI

Mesin ini menjadi bagian penting dalam pertarungan teknologi antara AS dan China. Teknologi EUV ASML semakin populer di kalangan pembuat chip paling canggih karena peran kuncinya dalam pembuatan semikonduktor pada skala 5 nanometer dan di bawahnya. Canon mengatakan mesin terbarunya, FPA-1200NZ2C, dapat membuat semikonduktor setara dengan proses 5nm dan bisa mencapai ukuran sekecil 2nm.

Canon dan Fokus Barunya pada Rantai Pasokan Semikonduktor

canon lawan dominasi asml
Sumber: Bloomberg

Kekuatan tradisional Canon dalam kamera, peralatan optik, dan printer telah mendorong perusahaan ini untuk memperbarui fokusnya pada rantai pasokan semikonduktor di saat dunia semakin membutuhkan chip untuk mendukung teknologi seperti kecerdasan buatan. Meskipun perusahaan ini telah mengembangkan teknologi nanoimprint lithography (NIL) sejak 2004, teknologi ini belum populer di dunia chip yang semakin rumit.

Semikonduktor menjadi aspek sentral dalam pertarungan teknologi yang lebih luas antara AS dan China karena peran kritisnya dalam berbagai bidang seperti AI hingga aplikasi militer. AS telah berusaha memutus akses China ke chip kunci dan peralatan manufaktur melalui pembatasan ekspor dan berbagai sanksi, menahan pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia dalam teknologi yang sudah dianggap tertinggal.

Dengan klaim Canon bahwa mesin baru mereka dapat membantu pembuat chip memproduksi semikonduktor setara 2nm, tidak diragukan lagi akan ada penelitian lebih lanjut. Apakah ini awal dari kebangkitan industri chip Jepang?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: