Meriahkan Fotografi di Web3, Canon Luncurkan Marketplace NFT Foto ‘Cadabra’

author:

Meriahkan Fotografi di Web3, Canon Luncurkan Marketplace NFT Foto ‘Cadabra’

Bertambah satu lagi, Canon menjadi salah satu brand yang masuk ke jajaran puluhan brand populer yang terjun ke dunia NFT. Bukan hanya sekedar meluncurkan koleksi NFT, Canon, merek perlengkapan fotografi terkenal di seluruh dunia ini meluncurkan marketplace NFT yang bernama Cadabra.

Marketplace NFT Cadabra oleh Canon USA

apa itu nft marketplace
Sumber: Freepik

Dilansir dari Decrypt (14/4/23), Canon USA, divisi Amerika dari perusahaan raksasa kamera, hari ini mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan pasar NFT Ethereum yang didedikasikan untuk fotografi akhir tahun ini. Setelah peluncuran koleksi NFT-nya pada tahun 2022, inovasi ini menandakan sebuah keterlibatan Canon yang lebih jauh di dunia Web3.

Diberi nama Cadabra, marketplace NFT ini digambarkan sebagai pasar yang dikuratori untuk foto-foto token, dan akan diluncurkan pada tahun 2023 setelah pratinjau awal pada konferensi NFT NYC minggu ini. Menurut siaran pers, marketplace NFT Cadabra akan menawarkan foto di berbagai kategori, termasuk satwa liar, olahraga, gaya hidup, dan lanskap.

Hingga saat ini, Canon belum mengungkapkan fotografer mana yang akan berpartisipasi dalam platform ini, tetapi Cadabra akan menampilkan koleksi foto yang baru saja dirilis, serta pasar sekunder untuk menjual kembali NFT.

Baca juga: Reddit Luncurkan Collectible Avatars Gen 3 dan Kapitasilasi Pasarnya Sentuh Rp11 Miliar

Keterlibatan Canon di Dunia Web3

nft canon
Sumber: Peta Pixel

Selain gambar digital, Cadabra juga akan memungkinkan para seniman yang berpartisipasi untuk menawarkan cetakan fisik gambar yang akan dipenuhi oleh Canon.

Pada awal peluncurannya nanti, Cadabra hanya akan tersedia di Amerika Serikat, dan akan mendukung pembayaran dengan kartu kredit/debit serta mata uang crypto.

Seperti yang sudah disebutkan, pada bulan Juli 2022, Decrypt mencatat bahwa Canon telah meluncurkan serangkaian foto NFT pada Solana, melalui kerja sama dengan Immutable Image. Koleksi berbasis Solana tersebut mencakup hasil bidikan dari para fotografer, seperti Sam Abell, Barbara Bordnick, Melvin Sokolsky, dan Joyce Tenneson.

Bagi para fotografer yang tertarik dengan Cadabra, Canon mempersilakan untuk mendaftar di situs web khusus Cadabra Canon agar menerima informasi sesegera mungkin setelah marketplace NFT tersebut tersedia.

Terkait NFT yang dikhususkan untuk fotografi, CEO pasar NFT Bitski, Donnie Dinch, mengatakan kepada PetaPixel bahwa NFT dapat menawarkan peluang baru bagi para fotografer untuk menghasilkan uang.

“Saya pikir alasan terbesarnya adalah para fotografer dapat menghasilkan uang dengan lebih mudah. Hingga saat ini, pasar untuk fotografi banyak tersedia, tetapi dengan menjamurnya hal-hal seperti Instagram, di mana banyak fotografer mengeluarkan konten yang luar biasa dan mendapatkan banyak suka, mereka belum tentu dapat mengubahnya menjadi uang.”

Seperti yang diketahui, Canon, perusahaan yang berbasis di Tokyo ini telah membuat serangkaian produk kelas konsumen dan profesional, termasuk kamera dan camcorder, printer, pemindai, mesin fotokopi, hingga peralatan medis, kini juga memasuki dunia Web3 secara serius.

Selain Canon yang ingin meluncurkan marketplace NFT, baru-baru ini marketplace NFT Looksrare telah merilis V2 yang mampu mengurangi biaya protokol hingga 75%.

Simak selengkapnya di NFT Marketplace Looksrare Luncurkan V2, Apa Saja Fitur Barunya?


Referensi: