Calon Presiden Argentina Sergio Massa Janji untuk Luncurkan Mata Uang Digital (CBDC)

author:

Calon Presiden Argentina Sergio Massa Janji untuk Luncurkan Mata Uang Digital (CBDC)

Dalam debat presiden Argentina yang disiarkan langsung, calon presiden dan menteri ekonomi saat ini, Sergio Massa, mengejutkan publik dengan janji peluncuran mata uang digital bank sentral atau central bank digital currency (CBDC) jika terpilih menjadi presiden. Namun, janji ini mendapat tentangan dari komunitas Bitcoin dan crypto.

Janji Mata Uang Digital Argentina

Sergio Massa – Sumber: Reuters

Dalam kampanyenya, Massa berjanji akan meluncurkan mata uang digital Argentina jika terpilih menjadi presiden. “Kita akan meluncurkan mata uang digital untuk Argentina,” ujarnya dalam debat tersebut.

Baca juga: Stablecoin DRAM yang Dibackup oleh Dirham UAE Meluncur di Uniswap dan PancakeSwap!

Namun, janji ini mendapat tentangan dari komunitas Bitcoin dan crypto. Manuel Ferrari, anggota dewan Bitcoin Argentina, menyebut proposal ini sebagai “bom asap”.

Menurutnya, Massa mungkin mengatakan hal tersebut untuk mengalihkan perhatian dari masalah yang lebih mendesak di Argentina, negara yang dilanda inflasi tiga digit dan korupsi yang brutal.

Reaksi dan Kritik Terhadap Proposal CBDC

cbdc dan kennedy
Sumber: Chain Debrief

Lebih lanjut, Ferrari khawatir tentang bagaimana desain CBDC tersebut, mengatakan “itu bahkan tidak mencakup blockchain“, dan khawatir bahwa itu akan membawa lebih banyak masalah ekonomi ke negara tersebut.

Menurut Ferrari, ide Massa mungkin hanya berdasarkan pada penghasilan pajak dan kemungkinan besar tidak bahkan terdaftar sebagai topik penting bagi “99% populasi”.

Namun, dia mengakui satu catatan positif: “Setidaknya itu tidak akan memungkinkan korupsi terjadi.”

Sementara itu, Adam Dubove, seorang teoritik politik, mengatakan bahwa CBDC Massa kemungkinan besar hanya slogan kampanye daripada proposal realistis.

Baca juga: Meski Menghadapi Kontroversi, Rekor Pendaftaran Harian Worldcoin (WLD) Capai 9.500 Pengguna di Argentina

“Jika kita melihat CBDC di seluruh dunia, tidak ada yang membutuhkan waktu kurang dari lima tahun untuk dikembangkan dan diluncurkan,” kata Dubove.

Dia menyimpulkan bahwa tidak ada peluang bagi pemerintahan Massa untuk mewujudkannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: