Calon Presiden Argentina Ingin Mengubah ‘Vaca Muerta’ Menjadi Ladang Bitcoin!

Calon Presiden Argentina Ingin Mengubah ‘Vaca Muerta’ Menjadi Ladang Bitcoin!

Calon presiden Argentina, Sergio Massa, mengejutkan dunia dengan usulannya untuk memanfaatkan gas alam berlebih dari ladang minyak Vaca Muerta, atau “Sapi Mati”, untuk menambang Bitcoin. Namun, proposal ini menimbulkan kontroversi di komunitas crypto Argentina. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Vaca Muerta, Ladang Minyak yang Menjadi Harapan Baru

Vaca Muerta, yang berarti “Sapi Mati”, mendapatkan namanya pada abad ke-19 ketika ditemukan fosil megafauna seperti sloth raksasa dan glyptodonts. Kekayaan fosil ini membuat para ahli geologi awal memberi julukan “Vaca Muerta”.

Nama ini kemudian menjadi resmi setelah ditemukannya cadangan minyak besar di batu serpih Vaca Muerta pada akhir abad ke-20. Proposal yang diajukan oleh ilmuwan komputer Santiago Siri kepada Massa minggu lalu melibatkan pemanfaatan gas berlebih dari Vaca Muerta, deposit minyak dan gas serpih besar di Argentina barat, untuk memasok operasi penambangan Bitcoin.

Pendukung mengatakan ini akan memungkinkan gas tersebut digunakan secara produktif daripada dibakar atau dibuang.

Baca Juga: Petarung UFC El Ninja Jadi Atlet Argentina Pertama yang Dibayar Crypto!

Kontroversi dan Skeptisisme

sergio massa bitcoin
Sumber: Reuters

Namun, proposal ini mendapat skeptisisme dari penambang Bitcoin dan pendukungnya. Dalam forum online yang diselenggarakan oleh NGO Bitcoin Argentina, peserta berpendapat bahwa penambangan BTC terlalu kompleks dan kompetitif untuk pemerintah terlibat.

José María Sarasola, CEO dari startup Cryptogranjas yang menjalankan operasi penambangan Bitcoin di Vaca Muerta, menjelaskan bahwa infrastruktur yang dibutuhkan meliputi internet yang handal, mesin yang efisien, dan pengetahuan teknis.

Ia mencatat bahwa penambangan menguntungkan beberapa tahun terakhir ketika harga Bitcoin lebih tinggi, tetapi sekarang menjadi aktivitas berbiaya tinggi dengan margin keuntungan yang ketat.

Baca Juga: Tecpetrol Memanfaatkan Gas Terkait untuk Mining Crypto di Argentina: Apa Dampaknya bagi Ekonomi?

Pemerintah vs Swasta

Ricardo Mihura, Presiden Bitcoin Argentina, mengatakan organisasinya mendukung peningkatan hashrate dan aktivitas penambangan Bitcoin. Namun, ia percaya perusahaan swasta yang spesialis lebih berposisi untuk mengambil risiko investasi.

Rodolfo Andragnes, pendiri Bitcoin Argentina, setuju bahwa pemerintah harus fokus pada peningkatan kondisi untuk usaha penambangan swasta daripada keterlibatan langsung. Saran termasuk menurunkan pajak dan melonggarkan pembatasan impor peralatan.

Proposal ini menandakan peningkatan penerimaan Bitcoin secara mainstream di Argentina. Namun, bahkan komunitas crypto lokal mengatakan bahwa konsensus massal berarti risiko penambangan Bitcoin yang disponsori negara melebihi manfaat potensial. Untuk saat ini, sektor swasta adalah yang terbaik untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh cadangan gas alam Vaca Muerta.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: