California Siap Guncang Dunia dengan Regulasi Baru untuk Industri Crypto!

California Siap Guncang Dunia dengan Regulasi Baru untuk Industri Crypto!

Gubernur California, Gavin Newsom, baru-baru ini menandatangani undang-undang yang akan mengubah peta industri crypto Amerika Serikat.

Undang-undang ini, yang dikenal sebagai Digital Financial Asset Law, akan memberikan kerangka kerja regulasi untuk industri crypto yang sedang berkembang dan dijadwalkan mulai berlaku pada tahun 2025.

California Memimpin Langkah Regulasi Crypto

Undang-undang baru ini memberikan otoritas kepada DFPI (Department of Financial Protection and Innovation) untuk membuat aturan dan memberikan jendela implementasi selama 18 bulan.

Ini memungkinkan adaptabilitas terhadap tren industri dan peningkatan perlindungan konsumen.

Baca Juga: Crypto Makin Aman! Regulator Negara Bagian AS Luncurkan Crypto Scam Tracker

Meski demikian, tantangan dalam regulasi crypto di Amerika Serikat masih berlanjut. Meski ada seruan terus-menerus untuk tindakan pemerintah, belum ada kerangka kerja konkret yang muncul. Namun, dengan langkah ini, California tampaknya berusaha memimpin perubahan tersebut.

Detail Undang-Undang Baru dan Dampaknya

sejarah ruu crypto california
Sumber: Jones Day

Undang-undang baru ini akan mewajibkan perusahaan crypto untuk mematuhi persyaratan lisensi, menjaga catatan keuangan, dan memberikan otoritas kepada regulator untuk melakukan audit.

Perusahaan yang tidak mematuhi undang-undang ini akan menghadapi tindakan penegakan hukum.

Ini adalah langkah besar bagi California, yang sebelumnya menolak untuk menandatangani undang-undang serupa pada tahun 2022.

Saat itu, Newsom berpendapat bahwa undang-undang tersebut tidak cukup fleksibel untuk mengikuti tren crypto yang cepat berubah.

Paragraf Penutup

Langkah ini oleh Gubernur Newsom menunjukkan bahwa California siap untuk menjadi pemimpin dalam regulasi crypto di Amerika Serikat.

Meski masih ada tantangan yang harus dihadapi, langkah ini diharapkan dapat membuka jalan bagi regulasi yang lebih jelas dan komprehensif di masa depan.

Baca Juga: Kampanye Politik California Kini Bisa Terima Donasi Crypto, Apa Dampaknya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi