California Siap Berantas Penipuan ATM Crypto dengan Aturan Baru!

California Siap Berantas Penipuan ATM Crypto dengan Aturan Baru!

California bergerak cepat untuk melawan penipuan crypto yang semakin marak. Sebuah rancangan undang-undang baru yang diajukan ke badan legislatif negara bagian ini menargetkan untuk membatasi penarikan tunai harian dari ATM crypto menjadi hanya $1.000 atau sekitar Rp15,8 juta (kurs $1 = Rp15.800). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengapa California Mengambil Langkah Ini?

california dan atm crypto
Sumber: Bitcoinist

Pemerintah California melihat penipuan crypto sebagai ancaman yang semakin besar. Dengan lebih dari 3.200 ATM crypto yang beroperasi di Amerika Serikat, banyak dari mesin ini menawarkan batas transaksi harian hingga $50.000 menjadikannya alat yang nyaman untuk aktivitas ilegal.

Badan legislatif California melakukan investigasi dan menemukan bahwa banyak penipuan crypto dilakukan menggunakan ATM ini. Penipuan ini sering melibatkan korban yang dipaksa untuk menyetor tunai dan mengirim dana menggunakan crypto yang dipilih oleh penjahat. Tujuan dari rancangan undang-undang ini adalah untuk membatasi aktivitas ini dan meningkatkan langkah-langkah keamanan.

Baca Juga: Jumlah ATM Bitcoin Global Meningkat Tajam Menjadi Lebih dari 35.000 Mesin

Bagaimana Aturan Baru Ini Akan Diterapkan?

Rancangan undang-undang ini juga menargetkan biaya yang dikenakan oleh operator ATM crypto, membatasinya menjadi maksimum $5 atau 15% dari jumlah transaksi, mana yang lebih tinggi pada saat transaksi.

Operator ATM crypto diharapkan untuk melakukan perubahan yang diperlukan pada atau sebelum 2025, memberikan periode transisi 12 bulan untuk penyedia layanan aset virtual ini. Selain itu, semua operator ATM crypto akan diharuskan untuk mendapatkan lisensi dengan Departemen Perlindungan Keuangan dan Inovasi pada atau sebelum 1 Juli 2025.

Baca Juga: Melawan Tren Penurunan, Mesin ATM Crypto di Dunia Bertambah 1.400 Pada Mei 2023!

Bagaimana Tanggapan Industri Terhadap Aturan Baru Ini?

regulasi baru atm crypto
Sumber: Los Angeles Times

Namun, rancangan undang-undang ini mendapat kritik dari operator ATM crypto. Mereka berpendapat bahwa fokus legislatif salah sasaran, menargetkan teknologi bukan pelaku penipuan sebenarnya. Industri memperingatkan bahwa mengekang inovasi ini bisa berdampak buruk, merugikan konsumen dan memberi kebebasan kepada pelaku buruk.

Meski demikian, rancangan undang-undang ini masih memiliki perjalanan panjang ke depan. Menurut Forum Negara Bagian Legislatif California, rancangan undang-undang ini dijadwalkan untuk diberlakukan sepenuhnya pada atau sebelum 1 Januari 2024.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: