Buterin Siap Guncang Dunia dengan Overhaul Ethereum, Cardano Tertawa?

author:

Buterin Siap Guncang Dunia dengan Overhaul Ethereum, Cardano Tertawa?

Vitalik Buterin, sang pendiri Ethereum, baru-baru ini mengungkapkan rencana besar untuk mengubah proses staking Ethereum. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan desentralisasi platform. Namun, rencana ini mendapat reaksi beragam, termasuk ejekan dari pendukung Cardano.

Buterin dan Rencana Besar Ethereum

staking 2 tingkat ethereum

Dalam wawancara terbaru dengan platform NFT Defiant di Turki, Buterin menyoroti pentingnya reformasi proses staking Ethereum. Dia berencana untuk mendukung penambangan dan kolam staking yang lebih efektif, dengan tujuan akhir meningkatkan desentralisasi platform. Inisiatif ini merupakan respons terhadap tantangan ketersediaan data dalam sistem off-chain, yang telah lambat karena permintaan tinggi dalam jangka pendek dan menengah.

Baca juga: Terungkap! Vitalik Buterin Kembali ke Plasma, Apakah Ini Masa Depan Ethereum?

Buterin juga menyoroti Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4844 yang akan datang, yang dikenal sebagai Danksharding. Diharapkan peningkatan ini akan secara signifikan meningkatkan ruang peta data hingga 16 Megabyte per slot. Peningkatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Ethereum untuk meningkatkan skalabilitas dan efisiensi.

Buterin, UTxO, dan Ejekan Cardano

Selama wawancara, Buterin juga membahas adopsi potensial model Unspent Transaction Output (UTxO), sistem yang saat ini digunakan oleh blockchain seperti Bitcoin dan Cardano. Eksplorasi ini menunjukkan kesediaan Ethereum untuk mempertimbangkan berbagai strategi untuk mengatasi tantangan yang ada dalam jaringannya.

Namun, saat Buterin merujuk ke UTxO, ada respons langsung dan lucu dari penggemar Cardano di situs microblogging X. Charles Hoskinson, pendiri Cardano, ikut serta dengan komentar satir, menggoda, “Ethereum 3 akan menyelesaikan semuanya,” dalam candaan ringan pada diskusi tersebut.

Dengan rencana besar ini, Buterin berharap dapat membawa Ethereum ke tingkat berikutnya dalam hal desentralisasi dan efisiensi. Namun, tampaknya tidak semua orang setuju dengan pendekatannya, terutama pendukung Cardano.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: