Transformasi Busan, Kota di Korea Selatan yang Siap Jadi Pusat Blockchain Dunia!

Transformasi Busan, Kota di Korea Selatan yang Siap Jadi Pusat Blockchain Dunia!

Busan, yang dikenal sebagai kota terbesar kedua di Korea Selatan, kini tengah mempersiapkan diri untuk menjadi pusat teknologi blockchain dunia. Dengan menggabungkan berbagai layanan berbasis blockchain ke dalam satu platform kota, Busan berambisi untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam kehidupan sehari-hari warganya dan menarik perhatian dunia. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengapa Busan Memilih Blockchain?

pengembangan kota blockchain busan
Rencana Pengembangan Kota Blockchain Busan. Sumber: News1

Busan telah aktif menguji berbagai kasus penggunaan teknologi blockchain di zona bebas perdagangannya. Namun, banyak proyek yang dijalankan pada blockchain yang berbeda, menghasilkan pengalaman yang kurang nyaman bagi bisnis.

Hal ini menjadi salah satu alasan utama pemerintah kota memutuskan untuk mengembangkan blockchain publik di tingkat kota yang kompatibel dengan jaringan blockchain global seperti Ethereum.

Selain itu, Busan telah menjadi zona regulasi blockchain khusus, bereksperimen dengan berbagai proyek berbasis blockchain seperti B-Pass dan voucher digital. Namun, penggunaan berbagai mainnet blockchain untuk setiap proyek menghasilkan pengalaman pengguna yang terfragmentasi.

Untuk mengatasi hal ini, Busan memutuskan untuk mengembangkan mainnet yang unifikasi yang sesuai dengan standar blockchain global.

Baca Juga: Ngambis, Korea Selatan Kucurkan Dana Lebih Dari Rp750 Miliar Untuk Pertumbuhan Metaverse

Pendanaan dan Prospek Masa Depan

pendanaan blockchain busan
Sumber: The Block

Dilansir dari Cointelegraph, Busan telah mengalokasikan anggaran sebesar 100 miliar won Korea (sekitar $75 juta) untuk pengembangan blockchain terbuka yang kompatibel dengan standar global melalui Blockchain Innovation Fund (BIF). Dana ini akan diperoleh melalui investasi dari lembaga keuangan publik di Busan, dengan hampir 100 perusahaan swasta menunjukkan ketertarikannya.

Selain mainnet, Busan juga berencana meluncurkan Busan Digital Asset Exchange pada paruh pertama tahun 2024. Bursa ini tidak hanya akan mencantumkan aset digital tetapi juga sekuritas yang ditokenisasi, termasuk logam mulia dan bahan mentah seperti emas, tembaga, dan minyak.

Visi jangka panjang kota ini tidak berhenti di sini. Busan bertujuan untuk berkembang dari zona khusus regulasi blockchain menjadi zona inovasi khusus global.

Baca Juga: Berkolaborasi dengan Bursa Crypto Terbesar, Korea Selatan Kerjakan Sistem Keamanan Crypto

Kerjasama dengan Korea Internet & Security Agency

Busan juga terlibat dalam proses pendirian standar teknologi Blockchain Trust Framework yang dilakukan oleh Korea Internet & Security Agency.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pribadi dan mendorong koneksi antar layanan dengan menyajikan persyaratan seperti sistem teknis blockchain, kinerja, dan tingkat keamanan.

Standar ini juga akan digunakan untuk layanan publik di dalam kota Busan.

Dengan pendekatan multi-faset terhadap teknologi blockchain, Busan menetapkan preseden bagi kota-kota lain di seluruh dunia. Dengan mainnet yang unifikasi, dukungan keuangan, dan rencana yang berorientasi masa depan, Busan siap menjadi kota blockchain masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: