Transformasi Bursa Saham Tel Aviv: Tokenisasi Fiat dan Obligasi, Langkah Baru dalam Teknologi Blockchain!

Transformasi Bursa Saham Tel Aviv: Tokenisasi Fiat dan Obligasi, Langkah Baru dalam Teknologi Blockchain!

Bursa Saham Tel Aviv (TASE), dalam kerja sama dengan Kementerian Keuangan Israel, telah mencapai tonggak sejarah baru dalam bidang keuangan. Mereka telah menyelesaikan proses proof-of concept (PoC) untuk menerapkan tokenisasi atas mata uang fiat dan obligasi. Ini merupakan terobosan baru yang menggabungkan teknologi keuangan tradisional dengan inovasi blockchain. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Proof of Concept (PoC)?

apa oiitu proof of concept
Sumber: SEEBURGER

Dilansir dari Cointelegraph, Proof-of-Concept (PoC) adalah tahap penting dalam pengembangan teknologi baru. Dalam konteks ini, PoC merupakan demonstrasi awal bahwa tokenisasi mata uang fiat dan obligasi dapat berfungsi dan membawa manfaat dalam lingkungan yang dikontrol.

Ini membantu para pengembang dan pemangku kepentingan memahami potensi dan keterbatasan teknologi sebelum diluncurkan secara penuh.

Proyek PoC TASE ini disebut “Eden” dan bertujuan untuk mengubah cara transaksi keuangan dilakukan. Melalui tokenisasi, transaksi dapat dilakukan dengan lebih efisien dan transparan. Ini menjadi langkah besar dalam memanfaatkan teknologi blockchain dalam pasar keuangan tradisional.

Baca Juga: Langkah Besar Mercado Bitcoin, Dapat Lisensi Bank Sentral Brasil sebagai Penyedia Pembayaran!

Implementasi Platform Blockchain dalam Ekosistem Keuangan

Untuk mewujudkan visi tokenisasi ini, TASE telah merancang dan meluncurkan sebuah platform blockchain khusus. Platform ini berfungsi sebagai infrastruktur utama yang mendukung proses tokenisasi dan memfasilitasi perdagangan mata uang fiat dan obligasi yang telah ditokenisasi.

Keunggulan lain dari platform blockchain ini adalah kemampuan untuk melakukan rekonsiliasi instan, mengurangi biaya transaksi, dan meningkatkan transparansi dalam proses perdagangan.

“Kami percaya bahwa Startup Nation dapat memainkan peran kepemimpinan dalam transformasi digital pasar modal. […] Kami percaya bahwa informasi pasar modal akan sangat berbeda dalam beberapa tahun ke depan, dan tugas kami adalah memimpin revolusi ini,” kata Ittai Ben Zeev, CEO Bursa Efek Tel Aviv, dikutip dari Cointelegraph, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga: USDT vs USDC: Manakah Raja Stablecoin di 2023?

Pengaruh Tokenisasi terhadap Dunia Keuangan

tokenisasi di dunia keuangan
Sumber: Noobpreneur

Dengan implementasi tokenisasi ini, dunia keuangan dapat mengalami perubahan signifikan. Tokenisasi dapat meningkatkan likuiditas di pasar, memperluas akses ke produk keuangan bagi investor yang lebih luas, dan menyederhanakan proses perdagangan dan penyelesaian.

Selain itu, tokenisasi juga dapat membantu dalam meningkatkan keamanan transaksi dan efisiensi operasional, dua aspek kritis yang selalu menjadi perhatian utama di dunia keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: