London Stock Exchange Bakal Luncurkan ETN Kripto Bitcoin dan Ethereum pada 28 Mei 2024!

London Stock Exchange Bakal Luncurkan ETN Kripto Bitcoin dan Ethereum pada 28 Mei 2024!

Jakarta, Pintu News – Bursa Efek London (LSE) mengumumkan akan meluncurkan exchange-traded notes (ETN) mata uang kripto yang melacak kinerja Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) pada tanggal 28 Mei 2024.

Bursa ini akan mulai menerima aplikasi untuk ETN kripto mulai 8 April, dan dana yang berhasil akan dicatatkan pada bulan berikutnya, tergantung pada persetujuan dari Otoritas Perilaku Keuangan (FCA) Inggris. Selain itu, penerbit harus menyerahkan draf prospektus dan surat yang menjelaskan mengapa mereka memenuhi persyaratan ETN paling lambat 15 April 2024. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETN Kripto Hanya untuk Investor Profesional

Meskipun minat investor cukup besar, ETN hanya akan tersedia untuk investor profesional sesuai dengan larangan FCA Inggris atas penjualan derivatif kripto dan ETN yang diberlakukan pada Januari 2021.

Agar disetujui, ETN kripto harus didukung secara fisik, tidak menggunakan leverage, memiliki nilai yang dapat diandalkan dari harga pasar yang mendasarinya, dan hanya dapat didenominasi dalam Bitcoin atau Ether.

Aset yang mendasarinya harus disimpan dalam penyimpanan dingin oleh kustodian berlisensi Anti-Pencucian Uang di Inggris, Uni Eropa, atau Amerika Serikat. Penerbit dapat mengajukan hingga tiga lini mata uang yang berbeda untuk ETN.

Baca Juga: Otoritas Keuangan Inggris Batasi Akses ETN Kripto Hanya untuk Investor Profesional!

Langkah Terbaru dalam Regulasi Kripto Inggris

regulasi fca inggris
Created by DALL-E 3

Langkah ini mengikuti jejak persetujuan Securities and Exchange Commission AS atas dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin spot pada bulan Januari, meskipun tidak memiliki komponen investor ritel. Dalam rencana dua tahunnya, FCA mencantumkan pengetatan tindakan terhadap penyalahgunaan pasar kripto sebagai salah satu tujuannya.

Regulator akan meningkatkan sistem pemantauan dan intervensi untuk mencakup penyalahgunaan pasar dan integritas. Oktober lalu, FCA menerapkan aturan baru untuk pemasaran terkait kripto, menjanjikan “tindakan tegas” terhadap potensi pelanggaran.

Kesimpulan

Peluncuran ETN kripto oleh Bursa Efek London menandai langkah terbaru dalam upaya Inggris untuk menjadi pusat kripto global. Negara ini telah mengambil langkah-langkah untuk membuat lingkungan yang lebih ramah kripto, termasuk meluncurkan gugus tugas kripto dan berkonsultasi dengan industri tentang cara terbaik untuk mengatur aset digital. Peluncuran ETN kripto ini memberikan investor profesional di Inggris cara baru untuk berinvestasi dalam kripto, meskipun dengan batasan tertentu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi