Bukan Jakarta, Bali Justru Didapuk Sebagai Pusat Crypto Indonesia!

Bukan Jakarta, Bali Justru Didapuk Sebagai Pusat Crypto Indonesia!

Dilansir dari laman Aliansi Koin, CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) memiliki kesempatan hadir di ajang B20 di yang diselenggarakan di Bali, Indonesia, sebagai salah satu pembicara. CZ menjadi pembicara pada sesi 1-on-1 dalam acara puncak B20 Summit di Bali pada 14 November 2022 yang lalu.

Di selang penjelasan mengenai crypto dan regulasinya, CZ sempat mengatakan bahwa Bali adalah pusat crypto Indonesia. Apa alasan di balik penyataan CZ tersebut? Ini dia jawabannya.

Bali Memiliki Komunitas Crypto yang Besar

Bali Memiliki Komunitas Crypto yang Besar
Marcus Grip

Dikutip dari laman Aliansi Koin, B20 merupakan salah satu rangkaian acara G20 yang telah berlangsung sejak Januari 2022 yang lalu dengan perayaan acara puncaknya pada 14-15 November 2022. Dalam acara puncak yang diselenggarakan di Bali ini, berbagai diskusi pun dilakukan dengan mengangkat tema Investing In Future Talents, Technology and Finance Resources.

Dalam diskusi tersebut, CZ mengaku bahwa kunjungannya tersebut bukanlah kunjungan pertamanya ke Indonesia. Ia mengatakan bahwa Bali memiliki banyak tempat yang indah dengan banyak pilihan resort yang bagus. Setelah itu, CZ mengatakan bahwa selain memiliki keindahan alam yang memukau, Bali juga dikenal memiliki komunitas crypto yang besar.

“Bali merupakan pusat crypto di Indonesia. Ada banyak komunitas serta pelaku crypto di sini. Kami (Binance) memiliki komunitas yang cukup aktif di sini. Saya telah bertemu dengan Binary Angels yang merupakan sukarelawan komunitas Binance yang bertugas untuk mempelajari perkembangan crypto dan apa yang terjadi di sini. Hal ini menjadi suatu pengalaman yang luar biasa bagi kami”.

Changpeng Zhao (CZ) CEO Binance

Pendapat CZ Mengenai Crypto

Pendapat CZ Mengenai Crypto
Karşıyaka Haber

Selain itu, ia pun mengatakan bahwa crypto adalah teknologi baru untuk melakukan transfer nilai. Melalui teknologi keuangan yang baru ini, masyarakat dapat mengembangkan berbagai inovasi yang mendorong pembangunan model bisnis baru.

Baca Juga: AS dan India Jadikan Crypto Fokus Utama, Sinyal Bullish?

Tak hanya itu, teknologi crypto juga dinilainya mampu membawa banyak perubahan seperti mengubah penghimpunan dana, mengubah cara masyarakat melakukan investasi, sekaligus mengubah cara masyarakat dalam melakukan pembayaran.

Regulasi Crypto Jadi Fokus Utama Perhelatan G20

Regulasi Crypto Jadi Fokus Utama Perhelatan G20
CoinMarketCap

Untuk mendukung perkembangan crypto global, Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman ungkapkan rencana pemerintah untuk mengatur regulasi crypto di tengah berjalannya perhelatan G20 di Bali, Indonesia.

Dia menyatakan bahwa crypto akan menjadi bagian dari agenda India selama kepresidenan G20 dan akan membuat Standard Operating Procedures (SOP) untuk cryptocurrency. Simak berita selengkapnya mengenai Pemerintah India Siapkan Aturan Crypto di Tengah Ajang G20 di sini.

Referensi: