BTC Siap Meroket: Analisis Pasar Mengungkapkan Potensi Kenaikan Harga yang Signifikan!

BTC Siap Meroket: Analisis Pasar Mengungkapkan Potensi Kenaikan Harga yang Signifikan!

Pasar mata uang crypto sedang bergejolak dengan spekulasi tentang pergerakan harga Bitcoin (BTC) yang signifikan. Analis pasar memperkirakan bahwa Bitcoin saat ini berada di tengah-tengah siklus bull run, didukung oleh berbagai faktor fundamental dan teknis yang kuat.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi analisis pasar terbaru dari Grayscale dan The Kobeissi Letter, yang memberikan wawasan tentang potensi kenaikan harga Bitcoin dan kemungkinan terjadinya short squeeze.

Analisis Grayscale: Bitcoin di Tengah Bull Run

Menurut laporan terbaru dari Grayscale, indikator siklus pasar Bitcoin historis menunjukkan bahwa pasar crypto saat ini berada di tengah-tengah bull run. Hal ini didukung oleh kombinasi faktor fundamental dan teknis yang kuat. Salah satu faktor utama yang menandakan dimulainya bull run adalah lonjakan dominasi Bitcoin.

Baca Juga: 3 Crypto Terjangkau yang Layak Dibeli di April 2024: DOGE, TRON, SHIB

Grayscale mencatat bahwa perbedaan penting pertama dalam bull run ini dibandingkan dengan yang sebelumnya adalah perubahan cepat dalam dinamika pasar yang positif, sebagian besar dipengaruhi oleh arus masuk spot Bitcoin ETF.

Sejak disetujui pada 10 Januari, arus masuk modal ke spot Bitcoin ETF secara konsisten melampaui penerbitan BTC dengan besaran lebih dari 3 kali pada pertengahan Maret, yang telah memberikan tekanan ke atas pada harga.

Potensi Short Squeeze dan Kenaikan Harga Bitcoin

Analis dari The Kobeissi Letter memperkirakan bahwa Bitcoin sedang bersiap untuk short squeeze besar-besaran, yang dapat mendorong harganya naik hingga $80.000. Short squeeze terjadi ketika penjual pendek dipaksa untuk menutup posisi mereka karena harga aset yang mendasarinya naik secara signifikan.

Dalam kasus Bitcoin, margin antara posisi long institusional dan posisi short hedge fund berada pada level tertinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penjual pendek mungkin merasakan tekanan karena tren turun yang berkurang dan tren naik yang bergerak lebih cepat.

Penurunan harga Bitcoin dalam beberapa hari terakhir semakin pendek, dengan titik terendah $61.224 pada 20 Maret dan tertinggi $71.511 pada 26 Maret, mewakili kesenjangan hanya 8,7%. Jika Bitcoin mencapai $71.000, maka $156,18 juta dalam posisi short akan dilikuidasi. Kenaikan ke $75.000 akan melikuidasi $3,85 miliar dalam posisi short.

Prospek Harga Bitcoin dan Dampak Halving

Analis memperkirakan bahwa potensi aksi harga yang ekstrem sangat tinggi saat ini. Jika terjadi short squeeze, Bitcoin dapat meroket hingga $80.000 dan dari sana, kemungkinan besar akan mencapai titik $100.000 pada tahun ini.

CEO Swan Bitcoin, Cory Klippsten, mengamati tarik-menarik yang sedang berlangsung antara posisi long dan short, dan memperkirakan bahwa pada akhirnya salah satu pihak akan menyerah. Klippsten menyarankan agar investor tidak terlalu fokus pada jangka pendek, tetapi tetap menjadi spekulator yang bersemangat.

Analis lain, Pav Hundal, berpendapat bahwa aktivitas perdagangan yang meningkat dalam Bitcoin dapat mengantisipasi halving Bitcoin yang akan datang, yang dijadwalkan pada 21 April. Halving adalah peristiwa di mana hadiah penambangan Bitcoin dipotong setengah, yang secara historis berdampak positif pada harga Bitcoin.

Penutup

Analisis pasar menunjukkan bahwa Bitcoin saat ini berada di tengah-tengah bull run, didukung oleh berbagai faktor fundamental dan teknis yang kuat. Potensi short squeeze dan kenaikan harga yang signifikan menjadi perhatian utama analis.

Prospek harga Bitcoin ke depannya akan bergantung pada dinamika pasar, sentimen investor crypto, dan peristiwa penting seperti halving Bitcoin yang akan datang.

Baca Juga: Fidelity Siap Luncurkan ETF Ethereum dengan Fitur Staking!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi