Bitcoin Mendominasi Pasar Crypto, Apakah Harga BTC akan Melambung Tinggi?

author:

Bitcoin Mendominasi Pasar Crypto, Apakah Harga BTC akan Melambung Tinggi?

Dominasi pasar Bitcoin semakin meningkat, mencapai angka 51,2% pada hari Selasa (10/10/23), mendekati titik tertinggi dalam dua tahun terakhir sebesar 52%. Dengan performa yang mengesankan sepanjang tahun ini, banyak yang bertanya-tanya apa yang mendorong kenaikan dominasi Bitcoin dan apa dampaknya terhadap pasar mata uang crypto lainnya.

Bitcoin vs. Ethereum: Siapa yang Lebih Unggul?

Bitcoin, sebagai aset digital terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, telah menunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan Ethereum dan altcoin lainnya sejak awal tahun.

bitcoin mendominasi pasar crypto
Grafik dominasi BTC | Sumber: CoinMarketCap

Baca juga: Pertumbuhan Lightning Network Bitcoin Mengejutkan Dunia, Naik 1212% dalam 2 Tahun!

Meskipun harga Bitcoin relatif stabil selama tujuh hari terakhir, aset ini telah meningkat sebesar 66% sepanjang tahun ini, sementara Ethereum hanya naik 32%. Faktor lain yang mempengaruhi kinerja Ethereum adalah respons yang kurang antusias dari investor institusi terhadap peluncuran Ethereum Futures ETF di AS baru-baru ini.

Sebagai gambaran, pada Januari 2021, Bitcoin menjulang tinggi dengan dominasi pasar sebesar 70%. Namun, pada bulan Mei, Bitcoin mengalami penurunan tajam, merosot hingga 40%. Sejumlah mata uang crypto lainnya mencapai rekor tertinggi karena dana bergeser dari Bitcoin ke altcoin.

Alasan di Balik Melemahnya Performa Ethereum

Bitcoin dan Ethereum Bersinar: Apa yang Mendorong Kenaikan Mereka di Tengah Ketidakpastian Ekonomi?
Sumber: Market Insider

Menurut André Dragosch, Kepala Penelitian Deutsche Digital Assets, ada banyak alasan mengapa Ethereum dan altcoin lainnya kurang berkinerja dibandingkan dengan Bitcoin. Salah satunya adalah penerimaan yang kurang hangat dari investor institusi terhadap Ethereum Futures ETFs yang baru diluncurkan di AS.

Selain itu, sebuah makalah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa blockchain Bitcoin berpotensi menangani komputasi smart contract yang terkait dengan jaringan Ethereum, menunjukkan bahwa Bitcoin mungkin memiliki lebih banyak fungsi daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Baca juga: Pasokan ETH Naik 47 Juta dalam 30 Hari, Apa yang Bisa Diharapkan?

Apa Arti Dominasi Pasar Bitcoin bagi Masa Depan Crypto?

Dengan dominasi pasar Bitcoin yang semakin meningkat, ini menimbulkan pertanyaan tentang apa yang mungkin terjadi selanjutnya. Apakah Bitcoin akan terus mendominasi atau apakah altcoin lainnya akan mengejar ketertinggalannya? Apa yang jelas adalah bahwa Bitcoin terus menarik perhatian dan investasi, sementara mata uang crypto lainnya mungkin perlu menemukan cara baru untuk menarik investor.

Seiring dengan pertumbuhan dominasi Bitcoin, dunia mata uang crypto terus beradaptasi dan berevolusi. Meskipun Bitcoin tampaknya memegang kendali saat ini, dinamika pasar crypto selalu penuh dengan kejutan dan kemungkinan tak terduga.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: