BRICS dan Ripple: Kolaborasi yang Akan Guncang Dunia Keuangan!

BRICS dan Ripple: Kolaborasi yang Akan Guncang Dunia Keuangan!

BRICS, aliansi lima negara ekonomi besar yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan, sedang mempertimbangkan peluncuran mata uang bersama. Langkah ini diumumkan di BRICS Summit 2023 di Johannesburg dan bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS. Tidak hanya itu, mata uang digital Ripple (XRP) juga tampaknya akan memainkan peran penting dalam sistem pembayaran digital yang direncanakan oleh BRICS. Simak berit lengkapnya berikut ini!

BRICS: Menuju Dominasi Multi-Mata Uang

Pada BRICS Summit 2023 yang baru-baru ini diadakan, Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, mengusulkan ide mata uang bersama. Tujuannya adalah untuk melindungi negara-negara ini dari fluktuasi nilai tukar dolar. Meskipun ada keengganan dari beberapa negara anggota, seperti Afrika Selatan yang menyatakan bahwa konsep mata uang bersama tidak ada dalam agenda, langkah ini telah menarik perhatian sektor keuangan global.

Namun, tidak semua negara BRICS sepakat. Presiden Rusia, Vladimir Putin, menekankan perdagangan dalam mata uang nasional daripada dolar AS. Sementara itu, Cina, meskipun tidak berbicara langsung tentang mata uang, menekankan perlunya reformasi dalam sistem keuangan global.

Tantangan utama dalam menciptakan mata uang bersama adalah perbedaan politik, ekonomi, dan geografis antar negara anggota. Selain itu, ketidakseimbangan perdagangan, terutama dengan Cina sebagai mitra perdagangan utama, menjadi hambatan lain.

Baca Juga: BRICS dan Dolar AS: Fokus pada Otonomi dengan Penguatan Perdagangan Internal!

Ripple: Peluang Emas di Tengah Perubahan Global

ripple dan brics
Sumber: CoinWire

Dilansir dari Crypto News Flash, dengan diskusi tentang mata uang baru yang sedang berlangsung, Ripple tampaknya memiliki peluang unik. Mata uang digital ini, yang dikenal karena kemampuannya dalam transaksi lintas batas yang cepat, bisa menjadi bagian penting dari sistem pembayaran digital yang direncanakan oleh BRICS.

“Dengan pergeseran global menuju de-dolarisasi dan pencarian BRICS untuk otonomi keuangan, mata uang digital seperti XRP mungkin menjadi bagian yang hilang dari teka-teki ini,” kata sumber dari Reuters.

Tidak hanya itu, adopsi teknologi XRPL oleh BRICS bisa membawa sejumlah manfaat, mulai dari integrasi keuangan yang lebih baik, pengurangan ketergantungan pada perantara keuangan tradisional, hingga peningkatan keamanan dan identitas berbasis blockchain.

Baca Juga: Kebangkitan BRICS dan De-Dolarisasi yang Guncang Dunia, Masuk Pencarian di Google Trends?

Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya?

Dengan mata dunia tertuju pada BRICS dan langkah-langkah selanjutnya, Ripple’s XRP berada di persimpangan yang krusial. Jika mata uang digital ini berhasil terintegrasi dengan sistem multi-mata uang baru, nilai XRP bisa melonjak secara signifikan. Selain itu, kolaborasi ini juga bisa membuka peluang untuk inovasi dan startup dalam teknologi blockchain di negara-negara BRICS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: