BRICS dan Ambisi Besar Mereka untuk Menggulingkan Dominasi Dolar AS!

BRICS dan Ambisi Besar Mereka untuk Menggulingkan Dominasi Dolar AS!

Aliansi BRICS, yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan, sedang berupaya keras untuk mengakhiri dominasi dolar AS dalam perdagangan global. Inisiatif ini, yang awalnya dianggap sebagai lelucon, kini semakin menjadi kenyataan. Apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana ini bisa mempengaruhi kamu?

BRICS dan Inisiatif De-Dolarisasi

BRICS memulai inisiatif de-dolarisasi pada awal tahun ini, dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS dalam perdagangan global. Negara-negara berkembang kini mulai mempertimbangkan untuk memperkuat mata uang lokal mereka dengan meninggalkan dolar AS untuk transaksi lintas batas.

Menurut Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, sanksi yang ditekan oleh AS terhadap negara-negara berkembang menjadi pemicu bagi BRICS untuk memutuskan konsep de-dolarisasi.

Baca Juga: BRICS dan Dolar AS: Fokus pada Otonomi dengan Penguatan Perdagangan Internal!

Maria Zakharova, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, mengatakan bahwa de-dolarisasi bukanlah tujuan dari organisasi atau negara tertentu. Ini hanyalah realitas. Dolar saat ini adalah mata uang yang bermasalah. Ini bukan pandangan politik, tetapi fakta ekonomi objektif.

Ekspansi BRICS dan Dampaknya

hype brics
Sumber: Bullion Bite

Selain inisiatif de-dolarisasi, BRICS juga melakukan ekspansi dengan menyambut 6 negara anggota baru. Ekspansi ini bertujuan untuk meningkatkan pengaruh dan kemampuan blok ini, memberinya lebih banyak bobot di panggung global.

Salah satu aspek penting dari ekspansi ini adalah upaya bersama untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS. BRICS sedang menjelajahi pengaturan mata uang baru yang berpotensi mengurangi ketergantungan mereka pada sistem keuangan global yang didominasi dolar.

Implikasi Global dari Inisiatif BRICS

Namun, pertanyaan besar yang muncul adalah apakah negara-negara BRICS benar-benar bisa merombak peta ekonomi dunia? Menurut Jean Joseph Boillot, seorang ekonom dan penasihat tentang negara-negara berkembang di IRIS, inisiatif BRICS+ memiliki potensi untuk membawa perubahan substansial dalam tatanan ekonomi global.

Paragraf Penutup

Dengan inisiatif de-dolarisasi dan ekspansi BRICS, dunia mungkin akan melihat pergeseran besar dalam lanskap keuangan global. Meskipun masih banyak tantangan yang harus dihadapi, langkah-langkah ini menunjukkan bahwa dunia mungkin bergerak menuju ekonomi multipolar, di mana pengaruh Amerika Serikat tidak lagi dominan.

Baca Juga: Apakah Dolar AS Terancam oleh Ekspansi BRICS dan Rencana De-Dolarisasi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi