BRICS dan Biden Sepakat, Butuh Tatanan Dunia Baru: Apakah Ini Akhir Dominasi Barat?

BRICS dan Biden Sepakat, Butuh Tatanan Dunia Baru: Apakah Ini Akhir Dominasi Barat?

Pertumbuhan aliansi ekonomi BRICS telah mengguncang keseimbangan kekuatan global. Bahkan, saat Amerika Serikat berusaha membatasi upaya de-dolarisasi aliansi ini, kedua belah pihak tampaknya tidak seberbeda yang dulu. BRICS dan Presiden AS Joe Biden sepakat bahwa tatanan dunia baru diperlukan.

BRICS dan Biden: Kebutuhan akan Tatanan Dunia Baru

Dalam beberapa bulan terakhir, pertumbuhan aliansi BRICS tidak bisa dipungkiri. Aliansi ekonomi ini telah memberikan suara bagi negara-negara berkembang dan menyediakan alternatif terhadap dominasi Barat.

Namun, di tengah pertumbuhan tersebut, Amerika Serikat mungkin sebenarnya setuju dengan kebutuhan akan pergeseran dalam keseimbangan kekuatan global. Setelah pernyataan yang dibuat selama pidato, jelas bahwa baik BRICS dan Biden sepakat bahwa tatanan dunia baru diperlukan.

Baca Juga: Apakah Dolar AS Terancam oleh Ekspansi BRICS dan Rencana De-Dolarisasi?

Selanjutnya, juru bicara Rusia Dmitry Peskov mencatat persetujuannya dengan Biden. “Kami benar-benar setuju,” katanya. “Ini adalah kasus langka ketika kami benar-benar setuju dengan apa yang dia katakan. Memang, dunia membutuhkan tatanan baru berdasarkan prinsip-prinsip yang berbeda.”

BRICS dan Upaya Membangun Tatanan Dunia Baru

brics meeting

Tidak diragukan lagi bahwa blok BRICS sedang berusaha membawa tatanan dunia baru. Pertama, melalui upaya de-dolarisasi mereka yang hati-hati sepanjang tahun ini. Selanjutnya, blok ini telah dengan tegas merangkul cara untuk menghilangkan ketergantungan internasional pada dolar AS.

Hal-hal seperti BRICS Pay dan pengembangan mata uang digital memberikan jalan yang jelas untuk ini. Perubahan tampaknya tidak bisa dihindari pada titik ini, terutama setelah rencana ekspansi 6 negara BRICS. Blok ini akan membawa tujuan akhirnya dari dunia multipolar. Lebih jauh lagi, Amerika Serikat tampaknya memahami bahwa pergeseran seperti itu akan menjadi manfaat global.

Paragraf Penutup

Dengan pertumbuhan BRICS dan persetujuan Biden tentang kebutuhan tatanan dunia baru, tampaknya kita berada di ambang perubahan besar dalam keseimbangan kekuatan global. Apakah ini akhir dari dominasi Barat? Hanya waktu yang akan memberi tahu.

Baca Juga: BRICS dan Dolar AS: Fokus pada Otonomi dengan Penguatan Perdagangan Internal!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi