BRC-69: Standar Baru Bitcoin yang Bisa Potong Biaya Inscription hingga 90%!

author:

BRC-69: Standar Baru Bitcoin yang Bisa Potong Biaya Inscription hingga 90%!

Luminex, sebuah launchpad Bitcoin Ordinals, baru-baru ini mengusulkan standar baru yang disebut BRC-69, yang diklaim dapat mengoptimalkan biaya inskripsi di jaringan ini. Usulan ini muncul sebulan setelah pengembang Bitcoin Ordinals memperkenalkan inskripsi rekursif untuk mengatasi batas ukuran blok 4 MB.

Berbeda dengan inskripsi Ordinals normal, inskripsi rekursif dapat merujuk konten inskripsi lain melalui sintaks khusus. Bahas lebih lanjut, yuk!

BRC-69, Standar Baru untuk Recursive Ordinals

bitcoin standar brc-69
Twitter

Pada 3 Juli 2023, Luminex memperkenalkan BRC-69, standar baru yang akan memfasilitasi pembuatan koleksi Recursive Ordinals melalui sebuah cuitan di Twitter. Menurut launchpad, standar BRC ini akan membantu mengurangi biaya inskripsi sebesar 90%.

Baca juga: Ethereum Luncurkan Standar Token ERC-223 Demi Tingkatkan Keamanan dan Fungsionalitas

BRC-69 mengurangi biaya inskripsi dalam proses empat langkah: “inscribe traits”, “deploy collection”, “compile collection”, dan “mint assets”. Ini berarti bahwa para penambang hanya perlu menginskripsi satu baris teks bukan gambar penuh.

“Kecemerlangan BRC69 terletak pada kesederhanaannya. Penyablon hanya perlu menuliskan satu baris teks, bukan gambar penuh. Teks ini memungkinkan gambar akhir secara otomatis dirender pada semua ordinals-front, hanya menggunakan sumber daya on-chain, berkat inskripsi rekursif”. Jelas Luminex

Selain efisiensi biaya, proposal Luminex mengklaim bahwa standar BRC-69 menawarkan fleksibilitas tinggi dan membuka jalan untuk fitur on-chain lainnya. Beberapa fitur ini termasuk peluncuran koleksi pre-reveal dan on-chain reveals.

Dampak BRC-69 pada Biaya Transaksi Bitcoin

standar bitcoin brc-69
Bitcoin News

Jika klaim BRC-69 terbukti benar, ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi biaya transaksi Bitcoin yang saat ini cukup tinggi. Dengan standar baru ini, biaya inskripsi bisa turun hingga 90%, membuat transaksi menjadi lebih efisien.

Selain mengurangi biaya, BRC-69 juga bertujuan untuk mengoptimalkan ruang blok Bitcoin seiring meningkatnya jumlah inskripsi. Dengan standar baru ini, jaringan Bitcoin dapat menangani lebih banyak transaksi tanpa mengalami peningkatan biaya yang signifikan.

Meski menjanjikan, BRC-69 dan Bitcoin Ordinals secara umum masih kontroversial di industri crypto. Banyak yang berpendapat bahwa teknologi ini berdampak negatif pada efisiensi dan keamanan jaringan Bitcoin. Bagaimana Luminex dan komunitas Bitcoin akan menavigasi tantangan ini masih harus dilihat.

Baca juga: CoinShares: Inflow Bitcoin Sentuh Rp4,6 Triliun, BTC Jadi Sorotan Utama Investor!

Masa Depan Bitcoin dan BRC-69

Dengan memperkenalkan BRC-69, Bitcoin menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan mengembangkan teknologi blockchain-nya. Standar baru ini dapat membuka peluang baru untuk penggunaan dan adopsi Bitcoin di masa depan.

Bagi pengguna Bitcoin, BRC-69 dapat membawa manfaat signifikan dalam hal biaya transaksi. Dengan biaya inskripsi yang lebih rendah, pengguna dapat melakukan lebih banyak transaksi dengan biaya yang lebih efisien.

Meskipun BRC-69 menawarkan banyak manfaat, standar baru ini juga menimbulkan beberapa tantangan dan kontroversi. Bagaimana komunitas Bitcoin akan menangani isu-isu ini akan menjadi faktor penting dalam penerimaan dan keberhasilan BRC-69.

Bagaimanapun, pengenalan BRC-69 menandai langkah penting dalam evolusi Bitcoin. Dengan standar baru ini, Bitcoin berpotensi untuk menjadi lebih efisien dan terjangkau bagi pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: