Heboh! Brasil Siap Luncurkan Program Sandbox Regulasi Kedua untuk Tokenisasi di 2024

author:

Heboh! Brasil Siap Luncurkan Program Sandbox Regulasi Kedua untuk Tokenisasi di 2024

Brasil, melalui regulator sekuritasnya, Comissão de Valores Mobiliários (CVM), berencana untuk meluncurkan program sandbox regulasi kedua pada tahun 2024. Program ini akan berfokus pada aplikasi tokenisasi dan crypto, dengan harapan dapat membawa inovasi dan transparansi yang lebih besar ke pasar.

Program Sandbox Regulasi Kedua oleh CVM

Daniel Maeda

Superintendent CVM, Daniel Maeda, mengumumkan rencana ini dalam acara Rio Innovation Week. Menurutnya, CVM berencana untuk menjelajahi kasus penggunaan tokenisasi yang berpotensi dimulai pada tahun 2024.

Baca juga: Adopsi Crypto Melonjak 44%, Bank Sentral Brasil Berusaha Perketat Regulasi!

Menurut Maeda, upaya regulator untuk meluncurkan sandbox kedua mengikuti pengalaman positif dalam menandai sekitar $36 juta aset.

“Kami tidak mendefinisikan kasus-kasus tertentu, karena kami ingin membiarkan inovasi mencapai CVM, tanpa batasan sebelumnya. Tetapi beberapa area untuk penerapan tokenisasi tentu saja menarik perhatian kami, seperti agribisnis dan [Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola].” kata Maeda kepada Cointelegraph Brasil.

Maeda mengungkapkan bahwa CVM sengaja tidak menentukan kasus spesifik, karena mereka ingin inovasi mencapai CVM tanpa batasan sebelumnya. CVM berencana untuk menunggu perubahan yang akan diimplementasikan terkait pasar crypto Brasil, termasuk mata uang digital bank sentral negara tersebut, Drex.

Lebih lanjut, Maeda menekankan bahwa baik regulator sekuritas maupun bank sentral harus mempertimbangkan perkembangan di ruang aset digital serta bagaimana negara lain menangani regulasi.

Manfaat Tokenisasi dan Sikap CVM terhadap Crypto

Maeda menambahkan bahwa melalui tokenisasi, investor dapat memperoleh transparansi dan biaya yang lebih rendah, selain meningkatkan demokratisasi investasi. Nilai-nilai ini sejalan dengan nilai-nilai yang dipegang oleh komisi.

Baca juga: Revolusi Perlindungan Aset di Brasil, Cryptocurrency Kini Dilindungi dari Penyitaan!

CVM menunjukkan sikap yang berbeda terhadap crypto dibandingkan dengan bank sentral dan otoritas lainnya di Brasil. Meskipun bank sentral Brasil mengumumkan pengetatan regulasi pada Oktober lalu, CVM terus merangkul aset digital dan berencana untuk meluncurkan program sandbox yang berfokus pada crypto.

Dengan rencana peluncuran program sandbox regulasi kedua ini, Brazil menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dalam ruang aset digital. Ini menunjukkan bahwa negara tersebut siap untuk memanfaatkan teknologi baru dan berpotensi menjadi pemimpin dalam adopsi crypto dan tokenisasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: