Rio de Janeiro Brasil Akui Pembayaran Crypto untuk Pajak Properti!

Rio de Janeiro Brasil Akui Pembayaran Crypto untuk Pajak Properti!

Kota Rio de Janeiro di Brasil saat ini sedang mencari perusahaan crypto untuk mengoperasikan pembayaran properti pajak pada tahun 2023. Berdasarkan dekrit yang diterbitkan pada 11 Oktober 2022, kebijakan ini memungkinkan pembayar pajak untuk menggunakan crypto bersama mata uang fiat untuk membayar pajak. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kriteria Perusahaan Crypto untuk Bekerja Sama dengan Pemerintah Rio de Janeiro

Kebijakan tersebut menyatakan bahwa perusahaan yang bersedia memberikan layanan crypto harus terdaftar di kota tersebut dan mematuhi persyaratan dari Securities and Exchange Commission (SEC) Brasil.

Perusahaan crypto yang bekerja sama dengan pemerintah Brasil ini akan menyediakan layanan pembayaran cryptocurrency dan mengubah crypto menjadi mata uang fiat. Dalam pelaksanaannya, dana pajak akan ditransfer ke kas Kota Rio de Janeiro dalam mata uang fiat lokal tanpa biaya tambahan untuk pembayar pajak.

Walikota Eduardo Paes mengatakan bahwa Rio de Janeiro adalah kota global. Oleh karena itulah, kota tersebut akan berusaha mengikuti kemajuan teknologi dan ekonomi di bidang keuangan digital. Langkah adopsi crypto ini menjadikan Rio sebagai kota Brasil pertama yang menerima aset digital sebagai pembayaran pajak.

Kota Curitiba di Brasil akan Menyusul Pembayaran Pajak Berbasis Crypto di Brasil

Kota Curitiba di Brasil akan Menyusul Pembayaran Pajak Berbasis Crypto di Brasil
TripSavvy

Kota Curtiba di Brasil saat ini sedang mempertimbangkan untuk menerima pembayaran pajak dalam crypto. Curitiba merupakan pusat teknologi di Brasil. Oleh karena itu, kota ini didorong untuk segera mengeksplorasi kemungkinan adopsi crypto dalam pembayaran pajak.

Anggota dewan Kota Curtiba bernama Noemia Rocha mengatakan bahwa cryptocurrency merupakan aset keuangan yang sangat populer dalam ekonomi dunia dan menjadi bentuk alternatif dari mata uang nasional.

Beberapa Kota di Dunia Pertimbangkan Adopsi Crypto

Beberapa Kota di Dunia Pertimbangkan Adopsi Crypto
Bitcoin.com

Rocha mengatakan bahwa pertimbangan adopsi crypto di Kota Curtiba terinspirasi dari kemajuan yang telah dibuat Rio de Janeiro. Dia percaya bahwa kebijakan ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk memperbarui sistem pembayaran pajak di Brasil.

Beberapa kota lain di dunia saat ini juga sedang dalam proses menerapkan penerimaan cryptocurrency untuk membayar pajak kota. Salah satu kota tersebut adalah Buenos Aires, ibu kota Argentina, yang berencana mengembangkan pembayaran crypto dan sistem ID berbasis blockchain.

Baca Juga: Survei: Lebih dari 12.000 Perusahaan di Brasil Miliki Aset Crypto!

Adopsi pembayaran crypto dan teknologi blockchain ini dilakukan untuk menyederhanakan formalitas yang harus diselesaikan setiap warga di Brasil setiap tahunnya. Ada pula Mendoza, sebuah provinsi di Argentina, yang telah menerima pembayaran pajak menggunakan USDC, USDT, dan DAI melalui platform penyedia pembayaran sejak Agustus 2022 lalu.

Tindakan serupa telah dilakukan negara bagian Colorado Amerika Serikat pada September 2022 lalu yang mulai menerima crypto sebagai pembayaran untuk setiap pajak terutang. Badan legislatif Arizona, Wyoming, dan Utah juga telah memperkenalkan tagihan pembayaran pajak dalam bentuk mata uang digital.

Referensi: