Brand Mewah Givenchy Rilis 360 Koleksi NFT, Harganya Ngalahin Produk Aslinya?

Brand Mewah Givenchy Rilis 360 Koleksi NFT, Harganya Ngalahin Produk Aslinya?

Siapa yang tak kenal dengan salah satu brand fashion mewah asal Perancis di dunia, Givenchy? Sempat ramai beberapa waktu yang lalu, untuk pertama kalinya Givenchy menggandeng girl group asal Korea Selatan, Aespa, untuk menjadi brand ambassadornya. Pasalnya, brand fashion mewah milik LVMH tersebut mulai memperluas kiprahnya di industri crypto, yakni NFT. Givenchy resmi merilis capsule collection yang menghubungkan produk fisik dengan digital twins melalui NFT.

Dalam proyek NFT tersebut, Givenchy menggandeng salah satu brand streetwear ternama, Bstroy. Kolaborasi tersebut juga diumumkan secara resmi di akun Twitter Givenchy yang bernama @givenchy. Lalu, seperti apa kolaborasi Givenchy X Bstroy? Dan apa saja capsule collection yang bisa dimiliki oleh para kolektor NFT? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Givenchy X Bstroy, Hadirkan 6 Desain NFT

Givenchy X Bstroy, Hadirkan 6 Desain NFT
Sumber = Vogue Business

Kolaborasi Givenchy X Bstroy ini menghadirkan 6 desain NFT yang diluncurkan pada 18 November 2022. Desain-desain NFT tersebut dipegang oleh direktur kreatif Givenchy, Matthew M Williams, dan pendiri Bstroy, Brick Owens dan Dieter “Du” Grams. Untuk menafsirkan desain Givenchy x Bstroy secara digital, Williams menggandeng platform seniman Web3, Felt Zine.

Dengan menggandeng Felt Zine, Givenchy menargetkan audiens yang sudah ada di Web3. Kolaborasi ini juga merupakan kolaborasi pertama Givenchy dengan platform berbasis web3, yang menurut mereka kolaborasi tersebut merupakan kunci untuk memahami bagaimana industri Web3 bekerja dan bagaimana cara menjangkau audiens yang relevan.

“Brick dan Du adalah teman lama yang memiliki visi yang sama dengan saya tentang fashion sebagai ruang inklusif untuk bereksperimen dan mengekspresikan gaya pribadi,” kata Williams dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Vogue Business, Jumat (18/11/2022).

“Bersama-sama, kami bertiga fokus untuk menciptakan streetwear dengan pesona tak terduga yang beresonansi di luar dunia mode dan memasuki ranah seni kontemporer di jalanan dan Web3,” tambah Williams.

Baca Juga: Adidas Jual Pakaian Virtual, Gimana Bentuknya? Ini Dia Koleksi NFT Virtual Gear Adidas, Edisi Terbatas!

Terdapat 360 Koleksi NFT, Dibanderol Dari Harga Rp8 Juta Hingga Rp77 Juta

Terdapat 360 Koleksi NFT, Dibanderol Dari Harga Rp8 Juta Hingga Rp77 Juta
Sumber = Vogue Business

Secara keseluruhan, total koleksi NFT tersebut ada 360 NFT. Harga yang dibanderol untuk 1 NFT tersebut berkisar antara €520 atau sekitar Rp8.421.266 hingga €4790 atau sekitar Rp.77.581.243.781 (1€ Kurs = Rp16.194).

Dilansir dari Vogue Business, mereka yang berada di Amerika Serikat dan Eropa akan mendapatkan email mengenai cara mengklaim NFT mereka setelah melakukan pembelian produk fisik. Bagi mereka yang memiliki NFT tersebut, akan berkesempatan untuk bergabung dengan program keanggotaan yang akan dimulai pada tahun 2023 mendatang. Per artikel ini diterbitkan, belum ada informasi lebih terkait program keanggotaan tersebut.

Baca Juga: Bukan Main! NFT Sandal Steve Jobs Dijual Seharga Rp3,4M!

Proyek NFT Givenchy dan Beberapa Luxury Brand Lainnya

Proyek NFT dan Beberapa Luxury Brand Lainnya
Sumber = lofficeibiza

Pasalnya, ini bukan kali pertamanya Givenchy terjun ke industri NFT. Pada bulan November tahun 2021, Givenchy berkolaborasi dengan seniman grafiti Chito dalam serangkaian karya seni NFT. Tak hanya itu, kolaborasinya dengan Roblox untuk menciptakan makeup station yang bernama ‘Givenchy Beauty’ tersebut juga diluncurkan di Roblox pada bulan Juni 2022.

Dilansir dari Vogue Business, tak hanya Givenchy yang berkiprah di dunia NFT. Ada juga beberapa luxury brand yang terjun ke dunia NFT dan merilis karya “phygital”. Karya “phygital” merupakan barang fisik yang ditautkan ke NFT. Brand – brand tersebut diantaranya adalah Prada, yang edisi terbatas bulanannya kini dikaitkan dengan digital twins. Ada juga Puma, yang menambahkan versi fisik sepatu kets digital yang tersedia untuk holder NFT, dan Gucci, yang berkolaborasi dengan perusahaan selebriti, Superplastic untuk menghadirkan patung keramik bermotif floral.

Tak hanya itu, fashion brand mewah ternama di dunia, Vogue, juga memperluas kiprahnya di dunia crypto. Untuk pertama kalinya, Vogue membangun komunitas Web3 fashion metaverse, dan menggandeng V (salah satu member BTS) untuk ikut serta dalam Vogue Singapore’s Fashion’s New World. Lalu, ada juga brand mewah Burberry yang berkolaborasi dengan Minecraft untuk luncurkan NFT di Metaverse. Pasalnya, salah satu tujuan dari kolaborasi tersebut adalah untuk melibatkan pelanggannya masuk ke dalam game, yang menjadi wadah untuk berbisnis.

Referensi: