Pencapaian Besar BNB Smart Chain: Penurunan Drastis Kerugian Keuangan Hingga 85% di Tahun 2023

Pencapaian Besar BNB Smart Chain: Penurunan Drastis Kerugian Keuangan Hingga 85% di Tahun 2023

Dalam perkembangan yang mengejutkan, BNB Smart Chain (BSC) telah mencatat penurunan signifikan dalam kerugian keuangan yang diakibatkan oleh insiden keamanan, mencapai angka 85% di tahun 2023. Pencapaian ini menandai tonggak penting dalam sejarah keamanan blockchain, dengan laporan terkini dari AvengerDAO yang menyoroti pentingnya kerjasama dan inovasi dalam menciptakan ekosistem crypto yang lebih aman untuk penggunanya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Hasil Positif dari Strategi Keamanan

BSC telah menyaksikan penurunan kerugian keuangan yang mencolok, dari $1,1 miliar pada tahun sebelumnya menjadi hanya sekitar $161 juta di tahun 2023. Penurunan ini adalah buah dari implementasi strategi keamanan yang dirancang oleh Tim Pengembangan Inti BNB Chain.

AvengerDAO, dengan sistem peringatan dini yang canggih, telah memainkan peran kunci dalam mencegah penipuan dan serangan siber. Dengan mengirimkan ribuan notifikasi Red Alarm dan ratusan tweet peringatan, AvengerDAO telah berkontribusi secara signifikan dalam mengurangi risiko keamanan.

Tim Pengembangan Inti BNB Chain menyatakan,

“Kami sangat menghargai masukan dan umpan balik dari anggota komite AvengerDAO, yaitu Hashdit, Certik, Ancilia, dan Salus, yang semuanya merupakan pemimpin di bidang keamanan crypto dan memiliki peran penting dalam menjaga integritas industri kami. Laporan-laporan ini membantu memberikan informasi keamanan kritis kepada komunitas, sementara AvengerDAO memantau dan mengidentifikasi risiko untuk mengurangi ancaman di BSC (Binance Smart Chain).”

Meskipun terjadi peningkatan insiden keamanan sebesar 44% dibandingkan tahun sebelumnya, kerugian finansial yang dihasilkan justru menurun secara dramatis, menunjukkan keberhasilan sistem keamanan yang telah diterapkan dalam melindungi aset crypto pengguna.

Baca Juga: OpenSea Tinggalkan Binance Smart Chain Demi Fokus pada Solusi Layer-2

Analisis dan Upaya Pencegahan Insiden

laporan keamanan bsc
Sumber: BSC News

Laporan keamanan BSC membedah berbagai jenis serangan yang terjadi, dengan peretasan dan penipuan sebagai dua kategori utama. Meski jumlah insiden meningkat, kerugian yang diakibatkan oleh peretasan turun drastis sebesar 91%, sementara kerugian akibat penipuan turun sebesar 54%.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun tantangan keamanan terus berkembang, langkah-langkah pencegahan yang diambil oleh BSC telah terbukti efektif. API meter dari AvengerDAO telah memeriksa lebih dari satu juta alamat kontrak unik, mengidentifikasi 35.000 di antaranya sebagai berisiko tinggi.

Penurunan kerugian akibat peretasan dari $713 juta di paruh kedua tahun 2022 menjadi sekitar $34 juta di paruh pertama tahun 2023 menegaskan keberhasilan upaya keamanan yang telah dilakukan. BSC terus berkomitmen untuk meningkatkan keamanan guna melindungi investasi crypto dari ancaman yang ada.

Baca Juga: Perubahan Besar di Binance, BNB Chain Siapkan Solusi Blockchain Layer 2?

Komitmen Terhadap Keberlanjutan dan Inovasi

BNB Chain tidak hanya berfokus pada peningkatan keamanan, tetapi juga pada keberlanjutan dan dukungan terhadap inovasi di ranah Web3. Dengan persentase kerentanan yang hanya 0,9% dari Total Value Locked (TVL) pada kuartal pertama tahun 2023, BSC menunjukkan dedikasinya terhadap ekosistem crypto yang aman.

Kurang dari 9% dari sekitar 2.000 proyek aktif dalam ekosistem terpengaruh pada paruh pertama tahun 2023. Program dukungan pengembang dari BNB Chain, termasuk program akselerator MVB yang dijalankan bersama Binance Labs dan CMC Labs, terus mendorong inovasi yang berdampak dalam ekosistem Web3.

Dengan demikian, BSC tidak hanya menjadi lebih aman tetapi juga terus berkembang dan memberikan nilai tambah bagi pengguna dan pengembang crypto.

Kesimpulan

Pencapaian BNB Smart Chain dalam mengurangi kerugian finansial akibat insiden keamanan adalah bukti kemajuan teknologi dan kerjasama yang solid dalam industri crypto. Laporan AvengerDAO tahun 2023 menjadi bukti dari usaha keras yang telah dilakukan, menjanjikan masa depan yang lebih cerah dan aman bagi para pengguna crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi