Wah, BMW Luncurkan ‘I Vision Dee’, Mobil Metaverse yang Bisa Berubah 32 Warna!

Wah, BMW Luncurkan ‘I Vision Dee’, Mobil Metaverse yang Bisa Berubah 32 Warna!

Dilansir dari Geek Metaverse, baru-baru ini brand mobil mewah BMW resmi meluncurkan prototipe Smart Metaverse Car yang diberi nama ‘I Vision Dee’. Peluncuran tersebut dilaksanakan selama event CES 2023 yang diselenggarakan pada hari Kamis, 5 Januari 2023 hingga Minggu, 8 Januari 2023.

Lalu, kira-kira seperti apa Smart Metaverse Car yang diluncurkan oleh BMW? Simak berita lengkapnya berikut ini!

I Vision Dee BMW Dilengkapi Dengan Teknologi E-Ink Dee

Teknologi E Ink Dee
Sumber: Aquela Maquina

Produsen mobil mewah ini tampil dalam balutan warna putih bersih, dan bisa berubah menjadi berbagai warna dan pola dengan menggunakan teknologi E-Ink Dee, yang mana memungkinkan pemiliknya mengonfigurasi eksterior mobil dengan 32 warna yang berbeda.

Dilansir dari Geek Metaverse, Dee adalah prototipe andalan untuk platform Neue Klasse generasi berikutnya dari BMW, yang akan diluncurkan pada tahun 2025 dengan model sedan yang dinamis dan mode sport-activity.

Dee merupakan akronim dari Digital emotional experience. I Vision Dee BMW ini juga dapat ditemukan di Joytopia, yang merupakan metaverse BMW yang terinspirasi Las Vegas, dan dapat diakses di laman https://web.journee.live/finddee.

Baca Juga: Eksklusif, Rolls Royce Hanya Luncurkan 6 Koleksi NFT Phantom Series!

I Vision Dee BMW Merupakan Portal Metaverse

Dikutip dari Yahoo Finance, peluncuran ini menampilkan video yang melibatkan Arnold Schwarzenegger, mantan gubernur California, Amerika Serikat. Dalam video tersebut ia mengingatkan kembali tentang hubungan orang-orang dengan mobil mereka pada tahun 1980-an.

Oliver Zipse, CEO BMW, menyatakan bahwa, “Dee memiliki tahap interaksi human-machine dan gagasan yang tidak bisa dianggap sebagai fiksi ilmiah, karena akan menginspirasi Neue Klasse kami, dikutip dari The Verge, Jumat (6/1/2023).

Menurut Geek Metaverse, konsep yang diterapkan oleh BMW menunjukkan bagaimana sebuah mobil dapat bersatu ke dalam kehidupan virtual manusia. “Mobil itu sendiri merupakan sebuah pintu masuk ke Metaverse,” kata design leader BMW Group, Adrian van Hooydonk, dikutip dari Geek Metaverse, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: Mantap! Kini Kamu Bisa Beli Mobil di Showroom Metaverse!

4 Fitur Level Interaksi I Vision Dee BMW

I Vision Dee BMW
Sumber: The Verge

Sementara itu, menurut The Verge ada 4 level interaksi yang bisa ditemukan dalam mobil I Vision Dee ini, BMW menyebutnya sebagai ‘mixed reality slider’, apa sajakah itu?

  • Level 1: Menawarkan semua data untuk mengemudi dan navigasi yang dibutuhkan pengemudi.
  • Level 2: Membantu berkomunikasi dengan menampilkan pesan teks dan panggilan.
  • Level 3: Menyatukan fitur level 1 dan 2 serta menambah data navigasi pada kaca depan, termasuk peringatan tabrakan dan kemungkinan rintangan yang disorot, dan juga menampilkan media sosial.
  • Level 4: ‘Far beyond reality’, yang menurut BMW artinya adalah para pengemudi bisa membawa semua teman ke dalam mobil tersebut secara virtual.

Sebelum meluncurkan Smart Metaverse Car tersebut, pada akhir Desember 2022, BMW umumkan rencananya untuk mengintegrasikan teknologi blockchain ke dalam operasi hariannya dan membuat program loyalitas blockchain untuk pelanggannya.

Referensi: