Heboh! Blur Geser Dominasi OpenSea di Pasar NFT dengan Kenaikan Transaksi Mencapai 80%

author:

Heboh! Blur Geser Dominasi OpenSea di Pasar NFT dengan Kenaikan Transaksi Mencapai 80%

Pasar NFT Ethereum baru-baru ini dihebohkan dengan pergeseran kekuatan yang signifikan. Platform Blur kini mendominasi pasar dengan mengambil alih sebagian besar transaksi yang sebelumnya dikuasai oleh OpenSea. Kenaikan transaksi di Blur mencapai 80% dari total volume $34,786 juta pada tanggal 3 Desember 2023, menandakan perubahan besar dalam dinamika pasar NFT.

Blur Mengambil Alih Pasar NFT

Blur telah berhasil menarik perhatian para trader NFT dengan menawarkan biaya yang lebih rendah dan antarmuka pengguna yang ramah. Pada tanggal 3 Desember 2023, platform ini mencatatkan diri sebagai pemimpin pasar dengan menguasai 80% dari total volume transaksi di pasar NFT Ethereum.

Baca juga: Gokil! Harga BLUR Melonjak 107% dalam 1 Minggu, Apa Rahasianya?

Sementara itu, OpenSea, yang sebelumnya merupakan pemain utama, kini hanya mendapatkan 18% dari total volume, sebuah penurunan yang cukup drastis. Koleksi NFT populer seperti Pudgy Penguins dan Azuki mengalami kenaikan harga lebih dari 9% dan 10%, menunjukkan bahwa minat terhadap koleksi digital masih sangat tinggi.

Blur, dengan strategi pemasarannya yang agresif, berhasil menarik minat pembeli dan penjual, yang berpindah dari OpenSea karena faktor biaya dan kemudahan penggunaan.

OpenSea Kehilangan Kilau

opensea tinggalkan bsc
Sumber: Bleeping Computer

OpenSea, yang pernah menjadi raja tak terbantahkan di pasar NFT, kini menghadapi tantangan berat. Penurunan pangsa pasar ini menimbulkan pertanyaan tentang masa depan OpenSea dan strategi apa yang akan mereka terapkan untuk mempertahankan posisi di industri.

Kehilangan dominasi pasar kepada Blur merupakan pukulan yang signifikan, mengingat OpenSea adalah platform yang membantu mempopulerkan NFT. Kendati demikian, OpenSea masih memiliki kesempatan untuk membalikkan keadaan.

Dengan pengalaman dan reputasi yang telah dibangun selama bertahun-tahun, OpenSea perlu berinovasi dan menyesuaikan layanannya untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang terus berubah. Mereka harus menemukan cara untuk mempertahankan pengguna setia sambil menarik pengguna baru untuk bersaing dengan Blur.

Baca juga: OpenSea Menghadirkan Studio Baru, Membawa Revolusi Dunia NFT ke Ujung Jari!

Kontroversi di Balik Dominasi Blur

Meskipun Blur berhasil mendominasi pasar, muncul kekhawatiran mengenai manipulasi pasar karena kurangnya transparansi terkait struktur kepemilikan dan sumber pendanaan Blur. Isu ini menjadi perhatian serius di kalangan investor dan pengamat pasar.

Transparansi adalah kunci dalam membangun kepercayaan, terutama di pasar crypto yang sangat dinamis dan penuh spekulasi. Pasar NFT Ethereum terus berkembang dengan volume transaksi yang tinggi dan kenaikan harga yang menunjukkan minat yang tumbuh terhadap koleksi digital.

Namun, tanpa kejelasan mengenai aspek regulasi dan keamanan, pasar ini mungkin akan menghadapi tantangan dalam mempertahankan momentum pertumbuhannya. Blur dan platform lainnya harus berusaha untuk lebih terbuka dan mematuhi standar industri untuk memastikan pasar yang sehat dan berkelanjutan.

Perubahan kekuatan di pasar NFT Ethereum menjadi bukti dinamika yang tak terduga di dunia crypto. Blur, dengan inovasi dan strategi pemasarannya, telah berhasil menggeser OpenSea dari tahtanya. Namun, tantangan masih ada, terutama terkait dengan isu transparansi dan kepercayaan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: