48% Gamer Penuhi Aktivitas Blockchain di Tahun 2023, Kok Bisa?

48% Gamer Penuhi Aktivitas Blockchain di Tahun 2023, Kok Bisa?

Menurut laporan terbaru dari DappRadar, hampir setengah (48%) dari seluruh aktivitas blockchain di bulan Januari 2023 berasal dari para gamer. Pasalnya di bulan Januari market cap untuk token game teratas meningkat sebanyak 122%, dengan Gala (GALA), token utilitas digital dari ekosistem Gala Games melonjak 218%.

Kira-kira apa yang menyebabkan para gamer berkontribusi banyak pada aktivitas blockchain? Dan seperti apa laporan lengkap dari DappRadar? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Game Blockchain Menjadi Bagian Besar Dalam Industri Crypto

Game Blockchain Menjadi Bagian Besar Dalam Industri Crypto
Sumber: Naavik

Menurut laporan tersebut, peningkatan minat terhadap token game ini muncul seiring dengan gebrakan industri yang menyentuh khalayak umum. Sebagai contoh, Gala Games menjadi berita utama setelah mengakuisisi studio game mobile baru dengan lebih dari $20 juta aset dan 15 game yang dikelola.

Analis Blockchain di DappRadar, Sara Gherghelas, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa berdasarkan metrik on-chain dari dua tahun terakhir, dapat diasumsikan bahwa game blockchain akan terus menjadi bagian besar dalam industri ini.

“Ini karena game blockchain sudah menjadi vertikal dalam industri tradisional. Ketika blockchain mendapatkan lebih banyak daya tarik, ini akan membawa lebih banyak adopsi ke game Web3 yang akan menjadi mainstream,” ujar Gherghelas, dikutip dari Cointelegraph, Rabu, (22/2/2023).

Baca Juga: Dapp Radar x BGA Games Berhasil Kumpulkan $1,3 Miliar Pada Q3 tahun 2022

Perkembangan Game Blockchain Dari Tahun 2021 – 2023

Perkembangan Game Blockchain Dari Tahun 2021 - 2023
Protokol Game Teratas Berdasarkan Jumlah Dompet Aktif. Sumber: DappRadar

Dengan 331.000 dompet aktif, blockchain Wax masih menjadi pilihan pertama para gamer. Lalu, disusul dengan 3 ekosistem game blockchain teratas yakni Hive, Polygon, dan BNB Chain yang menambahkan lebih banyak protokol game dari akhir 2022 hingga awal 2023.

Dilansir dari Cointelegraph, ada banyak aktivitas yang terjadi pada awal tahun 2023, karena banyaknya pendanaan yang dikhususkan untuk membangun game blockchain.

Gherghelas mengatakan bahwa jumlah investasi tersebut meningkat secara signifikan. Secara keseluruhan, pada tahun 2022 jumlah investasi meningkat sebanyak 105% dari tahun 2021, hingga mencapai angka $7,6 miliar. Investasi ke dalam industri game blockchain mencapai $ 156 juta pada bulan Januari saja.

Selain itu, laporan tersebut juga menyoroti peran Metaverse dalam peningkatan aktivitas game blockchain tahun 2023. Data tersebut mengungkapkan bahwa volume perdagangan untuk bulan Januari untuk game yang berhubungan dengan dunia virtual mencapai $44,5 juta, meningkat 114% dari bulan sebelumnya.

Meskipun penjualan menurun sebesar 19%, pertumbuhan secara keseluruhan dapat dikaitkan dengan keberhasilan platform Metaverse utama seperti The Sandbox dan Decentraland, dengan peningkatan volume perdagangan masing-masing sebesar 114% dan 83%.

Referensi: