Block Akuisisi Startup Fintech Hifi, Langkah Maju dalam Industri Musik?

Block Akuisisi Startup Fintech Hifi, Langkah Maju dalam Industri Musik?

Block, perusahaan fintech yang didirikan oleh Jack Dorsey dan sebelumnya dikenal sebagai Square, baru-baru ini mengakuisisi Hifi, startup fintech yang berfokus pada musik. Dengan akuisisi ini, Block semakin memperkuat posisinya dalam industri musik dan teknologi finansial. Seperti apa kolaborasi Block dan Hifi? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Block dan Hifi: Kolaborasi untuk Pemberdayaan Ekonomi Artis

ai music survey 2023
Survei menanyakan perasaan pengguna tentang generator musik AI. Sumber: Bedroom Producers Blog

Block telah resmi mengakuisisi Hifi, startup fintech yang berfokus pada musik. Meski tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai detail transaksi, CEO dan pendiri Hifi, Damian Manning, mengumumkan berita ini melalui postingan LinkedIn.

Hifi, yang diluncurkan pada tahun 2020, berfungsi sebagai organisasi hak finansial untuk artis. Melalui dashboard yang mereka miliki, pengguna dapat melacak pendapatan royalti mereka yang dikumpulkan dari label musik, layanan distribusi, penerbit musik, dan Organisasi Hak Penampilan (PROs).

Hifi juga baru-baru ini meluncurkan layanan percepatan royalti yang disebut “Cash Flow”. Layanan ini memberikan gaji kepada artis dua kali dalam sebulan. Dengan bergabungnya Hifi, Block semakin memperkuat misi mereka untuk memberdayakan ekonomi melalui teknologi dan layanan finansial yang mereka bangun untuk membantu artis berkembang.

Baca Juga: Warner Music Group dan Polygon Luncurkan Program Akselerator Musik Berbasis Blockchain!

Investasi Block dalam Teknologi Musik

investasi block dalam teknologi musik
Sumber: Teh Information

Ini bukan kali pertama Block berinvestasi dalam teknologi musik. Sebelumnya, pada tahun 2021, Block telah membeli layanan streaming musik Tidal.

Saat itu, Tidal sedang mengalami kesulitan finansial dan sedang dalam penyelidikan di Norwegia karena diduga memanipulasi angka streaming mereka.

Meski begitu, akuisisi ini dianggap sebagai “keputusan bisnis yang buruk” oleh Chancellor Kathaleen Saint Jude McCormick. Selain Hifi dan Tidal, Block juga memiliki layanan pembayaran mobile Cash App, platform beli-sekarang-bayar-nanti Afterpay, Spiral (sebelumnya dikenal sebagai Square Crypto), dan pembuat situs web Weebly, di antara lainnya.

Dengan akuisisi Hifi, Block semakin menunjukkan komitmennya untuk memberdayakan artis musik melalui teknologi finansial. Meski ada kontroversi dan tantangan, langkah ini menunjukkan bahwa Block berkomitmen untuk terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi musik dan fintech.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: