Hore! Block Inc. Milik Jack Dorsey Sukses Kembangkan Chip Penambangan Bitcoin

author:

Hore! Block Inc. Milik Jack Dorsey Sukses Kembangkan Chip Penambangan Bitcoin

Jakarta, Pintu News – Perusahaan teknologi finansial Block Inc., sebelumnya dikenal sebagai Square, dan dibawahi oleh Jack Dorsey, telah berhasil menyelesaikan pengembangan chip penambangan Bitcoin.

Kemajuan ini menandai langkah signifikan dalam upaya perusahaan untuk mendukung desentralisasi dan aksesibilitas penambangan mata uang kripto.

Perkembangan Chip Penambangan Bitcoin Block Inc.

Sumber: X

Dalam posting blog 23 April 2024, Block mengatakan telah menyelesaikan pengembangan chip tiga nanometer yang digunakan untuk penambangan BTC, yang menyebabkan perusahaan mengumumkan “sistem penambangan Bitcoin penuh”.

Baca juga: Inisiatif Baru: PayPal Beri Reward untuk Penambang Bitcoin Berkelanjutan!

CEO Block, Jack Dorsey, menyarankan pendekatan kolaboratif untuk mendesentralisasi penambangan Bitcoin pada Oktober 2021.

“Kami telah menghabiskan banyak waktu untuk berbicara dengan berbagai macam penambang Bitcoin untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh operator penambangan,” kata Block.

“Berdasarkan wawasan ini dan sesuai dengan tujuan kami untuk mendukung desentralisasi penambangan, kami berencana untuk menawarkan chip penambangan mandiri serta sistem penambangan lengkap yang kami rancang sendiri.”

Chip tiga nanometer ini memiliki potensi untuk menjadi pemain utama dalam industri penambangan yang berkembang pesat, mengingat perannya yang krusial dalam membangun komputer canggih.

Proses pengembangan chip penambangan Bitcoin ini memang memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Namun, keberhasilan Block Inc. dalam menyelesaikannya dapat membantu meningkatkan profitabilitas para penambang di industri ini.

Dampak Positif bagi Industri Chip

jack dorsey chip block
Sumber: Crypto News

Saat ini, perusahaan tersebut tengah dalam proses menyelesaikan desain chip dengan pabrik semikonduktor global terkemuka.

Kehadiran chip penambangan Bitcoin dari Block Inc. juga membawa angin segar bagi industri chip yang sedang mengalami sedikit turbulensi. Teknologi semikonduktor merupakan teknologi dasar yang mendukung inovasi dalam berbagai produk di hampir setiap sektor ekonomi.

Namun, pada tahun 2023, industri semikonduktor mengalami penurunan pendapatan global sebesar 8,2% menjadi $526,9 miliar, dari rekor penjualan chip sebesar $574,1 miliar pada tahun 2022.

Chip penambangan Bitcoin dari Block Inc. diharapkan dapat membantu mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi industri chip saat ini.

Baca juga: Terungkap! Keuntungan Bitcoin Block Jack Dorsey Melonjak Hingga $44 Juta!

Dengan menyediakan chip yang lebih efisien dan terjangkau, perusahaan ini dapat mendorong inovasi dan pertumbuhan di sektor teknologi.

Upaya Mendesentralisasikan Penambangan Bitcoin

Salah satu tujuan utama dari proyek pengembangan chip penambangan Bitcoin Block Inc. adalah untuk mendesentralisasikan penambangan mata uang kripto ini.

Saat ini, penambangan Bitcoin masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar dengan sumber daya yang melimpah. Hal ini dapat menimbulkan risiko bagi keamanan dan stabilitas jaringan Bitcoin.

Dengan menyediakan chip penambangan yang lebih mudah diakses dan terjangkau, Block Inc. berharap dapat mendorong lebih banyak individu dan perusahaan kecil untuk terlibat dalam penambangan Bitcoin.

Hal ini akan membantu mendistribusikan hashrate (daya komputasi yang digunakan untuk menambang Bitcoin) secara lebih merata dan meningkatkan ketahanan jaringan Bitcoin.

Secara keseluruhan, keberhasilan Block Inc. dalam mengembangkan chip penambangan Bitcoin merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya untuk mendesentralisasikan dan mengamankan jaringan Bitcoin.

Dengan menyediakan teknologi yang lebih efisien dan terjangkau, perusahaan ini membuka peluang bagi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam penambangan mata uang kripto ini. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan stabilitas jaringan Bitcoin, serta mendorong pertumbuhan dan inovasi di industri teknologi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: