BlackRock Tunda Pembelian Bitcoin Senilai $10 Juta: Tanggal Baru Terungkap!

BlackRock Tunda Pembelian Bitcoin Senilai $10 Juta: Tanggal Baru Terungkap!

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan pasar crypto, BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, telah menunda rencana pembelian Bitcoin senilai $10 juta yang semula dijadwalkan pada 3 Januari. Penundaan ini terjadi di tengah meningkatnya antisipasi terhadap potensi persetujuan ETF Bitcoin oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Mari kita telusuri lebih dalam mengenai penundaan ini dan implikasinya bagi pasar crypto!

Penyesuaian Jadwal BlackRock untuk ETF Bitcoin

BlackRock, yang telah menyiapkan diri untuk peluncuran ETF Bitcoin, awalnya membeli Seed Shares pada 27 Oktober 2023. Pembelian ini melibatkan 4.000 saham dengan harga per saham $25, total $100.000. Saham-saham ini kemudian ditukar dengan uang tunai pada Januari, dan BlackRock melanjutkan untuk membeli Seed Creation Baskets yang terdiri dari 400.000 saham dengan harga yang sama.

Namun, laporan terbaru mengkonfirmasi bahwa BlackRock telah menjadwal ulang proses seeding untuk ETF Bitcoin yang sangat dinantikan. Seeding awal senilai $10 juta yang dijadwalkan pada 3 Januari, kini direncanakan pada 5 Januari. Keputusan BlackRock untuk menyesuaikan jadwal ini seharusnya tidak mengejutkan, mengingat proses persetujuan regulasi dan kepatuhan sering memerlukan pertimbangan yang cermat.

Baca Juga: BlackRock Bersiap Luncurkan ETF Bitcoin Senilai $10 Juta!

Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Meningkat di Polymarket

polymarket etf btc
Peluang persetujuan ETF Bitcoin melonjak 50% dibandingkan bulan Desember. Sumber: Polymarket

Data dari pasar prediksi Polymarket telah mengirim gelombang kegembiraan melalui komunitas crypto, karena menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan pedagang terhadap persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC AS sebelum 15 Januari. Harga kontrak di platform telah melonjak menjadi 89 sen, menandakan probabilitas 89% bahwa SEC akan menyetujui ETF Bitcoin yang sangat dinantikan.

Polymarket, platform pasar prediksi terdesentralisasi, memungkinkan pengguna untuk berspekulasi tentang hasil berbagai peristiwa dengan memperdagangkan saham virtual. Dalam kasus ini, pedagang telah mempertaruhkan jumlah yang mengesankan sebesar $437.394 pada persetujuan SEC terhadap ETF Bitcoin Spot sebelum tenggat waktu pertengahan Januari. Kenaikan nilai kontrak dan peningkatan kepercayaan pedagang mencerminkan optimisme yang tumbuh tentang peluang ETF Bitcoin mendapatkan persetujuan regulasi.

Baca Juga: Langkah BlackRock Menuju ETF Ethereum, Awal Baru untuk Crypto?

Dampak Penundaan pada Harga Bitcoin

Penundaan pembelian Bitcoin oleh BlackRock ini terjadi di saat yang kritis, dengan harga Bitcoin telah mencapai $45.200, menandai kenaikan signifikan 7% dalam waktu 24 jam menjelang kemungkinan persetujuan dana indeks tersebut. Kenaikan harga ini menunjukkan respons pasar yang positif terhadap potensi persetujuan ETF Bitcoin dan antisipasi investor terhadap langkah BlackRock selanjutnya.

Kenaikan harga Bitcoin ini juga mencerminkan sentimen pasar yang optimis terhadap adopsi crypto oleh investor institusional. Keputusan BlackRock untuk menunda pembelian mungkin telah menimbulkan kekecewaan sementara, tetapi prospek jangka panjang untuk Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan tetap positif.

Kesimpulan

Penundaan pembelian Bitcoin oleh BlackRock menyoroti dinamika yang kompleks dalam pasar crypto, di mana keputusan besar oleh pemain institusional dapat memiliki dampak signifikan. Meskipun ada penundaan, antisipasi pasar terhadap persetujuan ETF Bitcoin dan potensi dampaknya pada adopsi crypto oleh investor institusional tetap tinggi. Ke depan, langkah-langkah BlackRock dan keputusan SEC akan terus menjadi fokus utama bagi pelaku pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: