Melihat Pontensi Besar, BlackRock Tingkatkan Investasi di Perusahaan Penambangan Bitcoin!

author:

Melihat Pontensi Besar, BlackRock Tingkatkan Investasi di Perusahaan Penambangan Bitcoin!

BlackRock, sebuah raksasa Wall Street, kini menjadi pemegang saham terbesar kedua di empat dari lima perusahaan penambangan Bitcoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Keputusan ini diambil meskipun perusahaan-perusahaan tersebut mengalami kerugian signifikan dalam sebulan terakhir.

Langkah ini menunjukkan bagaimana BlackRock melihat potensi besar dalam industri penambangan Bitcoin, meskipun tantangan profitabilitas yang meningkat.

BlackRock dan Strategi Investasinya di Penambangan Bitcoin

Baru-baru ini, BlackRock diketahui telah meningkatkan investasinya di empat dari lima perusahaan penambangan Bitcoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah Riot Platforms Inc., Marathon Digital Holdings, Cipher Mining Inc., dan TeraWulf Inc.

Baca juga: BlackRock dan Jio Financial Services Luncurkan Layanan Investasi Digital di India!

perusahaan penambangan bitcoin teratas
5 perusahaan penambangan Bitcoin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. Sumber: Kapitalisasi Pasar Perusahaan

Menurut laporan, nilai total investasi ini adalah sekitar $411,5 juta, yang hanya mencakup sekitar 0.35% dari total aset perusahaan. Meski demikian, investasi ini meningkatkan pengaruh BlackRock di Bitcoin Mining Council, sebuah kelompok lobi untuk industri penambangan Bitcoin di AS. Menurut CompaniesMarketCap, kapitalisasi pasar total dari perusahaan-perusahaan ini adalah $5,4 miliar.

Lebih lanjut, investasi ini menandai pergeseran strategis oleh BlackRock, yang sebelumnya telah menunjukkan minat pada aset crypto. Selain itu, investasi ini juga menunjukkan bahwa BlackRock melihat nilai dalam mendukung infrastruktur yang mendasari teknologi blockchain dan Bitcoin.

Mengapa BlackRock Berinvestasi Saat Ini?

Meski perusahaan penambangan Bitcoin tengah menghadapi tantangan profitabilitas yang meningkat karena biaya operasional yang naik, hal ini justru memberikan peluang bagi BlackRock untuk membeli saham dengan harga murah dan meningkatkan kehadirannya di industri ini.

biaya penambangan bitcoin
Biaya penambangan rata-rata Bitcoin. Sumber: MacroMicro

Mengutip laporan Finbold, kesulitan penambangan yang terus meningkat juga meningkatkan biaya aktivitas ini dan mengurangi keuntungan yang diharapkan bagi sebagian besar penambang Bitcoin.

Lebih lanjut, BlackRock tampaknya melihat ini sebagai peluang untuk perusahaan-perusahaan besar dengan akses modal yang lebih mudah untuk bertahan dan tumbuh di masa-masa sulit.

Baca juga: Analis Bernstein: Kemenangan Grayscale atas SEC Membuka Peluang untuk ETF Bitcoin

Dampak Jangka Panjang Investasi BlackRock

Investasi ini tidak hanya menunjukkan kepercayaan BlackRock pada industri penambangan Bitcoin tetapi juga bisa menjadi katalis untuk investasi lebih lanjut dari institusi keuangan lainnya.

Selain itu, kehadiran BlackRock sebagai pemegang saham besar di beberapa perusahaan penambangan terbesar akan memperkuat posisinya dalam kelompok lobi industri, yang bisa mempengaruhi kebijakan dan regulasi terkait penambangan Bitcoin di masa depan.

Secara keseluruhan, investasi BlackRock di perusahaan penambangan Bitcoin menandai langkah penting dalam adopsi crypto oleh institusi keuangan mainstream. Meskipun industri ini menghadapi tantangan, keputusan BlackRock untuk meningkatkan investasinya menunjukkan optimisme dan keyakinan pada potensi jangka panjang dari Bitcoin dan teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: