BlackRock Tantang SEC: Tak Ada Alasan Bedakan ETF Spot dan Futures Crypto!

author:

BlackRock Tantang SEC: Tak Ada Alasan Bedakan ETF Spot dan Futures Crypto!

BlackRock, raksasa manajemen investasi global, menantang Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terkait perlakuan yang berbeda terhadap aplikasi ETF spot dan futures crypto. Menurut BlackRock, SEC tidak memiliki alasan yang sah untuk membedakan kedua jenis aplikasi ini.

BlackRock vs SEC: Pertarungan ETF Spot dan Futures Crypto

sec as ungkap prioritas pemeriksaan di 2024
Sumber: Bitcoin News

BlackRock baru-baru ini mengajukan rencana untuk ETF spot Ether (ETH) yang disebut “iShares Ethereum Trust”. Rencana ini resmi dikonfirmasi pada 9 November 2023, setelah Nasdaq mengajukan formulir aplikasi 19b-4 ke SEC atas nama BlackRock.

Dalam aplikasinya, BlackRock mempertanyakan perlakuan SEC terhadap ETF spot crypto, dengan menyatakan bahwa alasan penolakan berkelanjutan terhadap aplikasi ini didasarkan pada perbedaan regulasi antara ETF futures dan spot yang tidak tepat.

SEC hingga saat ini belum menyetujui satu pun aplikasi ETF spot crypto, tetapi telah menyetujui sejumlah ETF futures crypto. Regulator sekuritas ini menunjukkan bahwa hal ini disebabkan oleh ETF futures crypto yang diduga memiliki regulasi/perlindungan konsumen yang lebih baik di bawah Undang-Undang 1940 dibandingkan dengan Undang-Undang 1933 yang mencakup ETF spot crypto.

Baca juga: Kenaikan Dahsyat: Vitalik Buterin Raup Keuntungan $57 Juta Berkat ETF Ethereum!

BlackRock: Tidak Ada Alasan Menolak Aplikasi ETF Spot Crypto

BlackRock berpendapat bahwa preferensi SEC untuk Undang-Undang 1940 tidak relevan dalam hal ini, karena menempatkan “beberapa pembatasan pada ETF dan sponsor ETF” dan bukan pada aset dasar ETF.

BlackRock menegaskan bahwa SEC telah menyetujui ETF futures crypto melalui CME, dan telah “jelas menentukan bahwa pengawasan CME dapat mendeteksi penipuan pasar spot yang akan mempengaruhi ETP spot.”

Dengan demikian, menurut pandangan perusahaan, ini pada dasarnya tidak memberikan alasan yang dapat dibenarkan oleh SEC untuk menolak aplikasi di bawah pemikiran saat ini. Analis crypto dan ETF umumnya berpikir bahwa persetujuan pertama SEC untuk ETF spot crypto, dalam bentuk yang terkait dengan Bitcoin, hanya tinggal menunggu waktu.

Sementara itu, prediksi dari analis ETF Bloomberg, James Seyffart dan Eric Balchunas, menunjukkan peluang 90% untuk persetujuan sebelum 10 Januari tahun depan. Dengan demikian, pertarungan antara BlackRock dan SEC ini akan menjadi titik balik penting dalam sejarah ETF crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: