BlackRock Menambahkan Kepemilikan Bitcoin Jadi 242 Ribu di Tengah Rekor Arus Keluar ETF!

author:

BlackRock Menambahkan Kepemilikan Bitcoin Jadi 242 Ribu di Tengah Rekor Arus Keluar ETF!

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah langkah yang mengejutkan pasar, BlackRock, raksasa manajemen investasi, telah meningkatkan kepemilikan Bitcoin-nya menjadi 242.000 BTC meskipun mencatatkan rekor aliran keluar dari ETF-nya.

Langkah ini menimbulkan banyak pertanyaan dan spekulasi di kalangan investor dan pengamat pasar tentang strategi dan pandangan BlackRock terhadap crypto.

BlackRock Menambahkan Kepemilikan Bitcoin-nya

Sumber: iShares

Menurut situs webnya, BlackRock telah meningkatkan jumlah Bitcoin (BTC) di iShares Bitcoin Trust (IBIT) menjadi 242.829. Volume aset yang dikelola dalam ETF Bitcoin spot mencapai $15,5 miliar pada nilai tukar saat ini.

Baca juga: Bitcoin Capai Puncak: Para Pemegang dan Penambang Raup Keuntungan Besar!

Sumber: X

Lebih lanjut, Eleanor Terret, seorang jurnalis dari FOX, melaporkan bahwa Kepala Aset Digital BlackRock, Robert Mitchnick, mencatat bahwa Bitcoin merupakan prioritas utama bagi klien perusahaan, diikuti oleh Ethereum.

“Komunitas kripto ingin melihat produk kripto lainnya dari BlackRock, tetapi dia mengatakan “bukan itu fokus kami.” Robert Mitchnick, Kepala Aset Digital BlackRock

Menurut SoSo Value, pada tanggal 21 Maret 2024, IBIT menempati posisi pertama dalam hal arus masuk modal. IBIT menambahkan $233,4 juta ke dalam neraca keuangannya, dan volume dana kelolaannya mencapai $13,3 miliar.

Di tempat kedua adalah produk investasi dari Bitwise Asset Management dengan $12,1 juta, dan di tempat ketiga adalah Valkyrie Bitcoin Fund (BRRR) dengan $4,72 juta.

Rekor Aliran Keluar ETF

Di sisi lain, ETF BlackRock mengalami aliran keluar rekor, yang menimbulkan pertanyaan tentang strategi diversifikasi portofolio mereka.

Aliran keluar ini mungkin menandakan adanya kekhawatiran di kalangan investor tradisional terhadap pasar crypto dan aset digital secara umum.

Namun, BlackRock tampaknya tidak terpengaruh oleh tren ini dan malah memperkuat posisinya di pasar Bitcoin.

Langkah ini bisa jadi merupakan bagian dari strategi jangka panjang BlackRock untuk memanfaatkan volatilitas pasar crypto sebagai kesempatan untuk membeli di harga yang lebih rendah.

Baca juga: Harga Bitcoin Melesu 2%, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (23/3)?

Dampak terhadap Pasar Crypto

Keputusan BlackRock untuk meningkatkan investasi di Bitcoin sambil menghadapi aliran keluar ETF yang besar bisa memiliki dampak signifikan terhadap pasar crypto. Ini bisa menandakan awal dari perubahan persepsi investor institusional terhadap crypto dan mungkin memicu gelombang investasi baru dari pemain besar lainnya.

Selain itu, langkah ini juga bisa meningkatkan kepercayaan investor ritel terhadap pasar crypto, melihat bahwa perusahaan investasi terbesar di dunia masih berkomitmen pada aset digital meskipun menghadapi tantangan.

Secara keseluruhan, keputusan BlackRock untuk meningkatkan investasi pada Bitcoin di tengah aliran keluar ETF yang besar menunjukkan pandangan jangka panjang mereka terhadap potensi crypto.

Meskipun pasar saat ini penuh dengan ketidakpastian, langkah berani BlackRock bisa jadi merupakan sinyal bahwa masa depan cerah bagi Bitcoin dan aset digital lainnya.

Investor di seluruh dunia akan mengawasi dengan cermat untuk melihat bagaimana strategi ini akan mempengaruhi dinamika pasar dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: