BlackRock: Stablecoin Ancaman Baru Bagi Dominasi Bitcoin!

author:

BlackRock: Stablecoin Ancaman Baru Bagi Dominasi Bitcoin!

BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, baru-baru ini menyoroti risiko yang ditimbulkan oleh stablecoin dalam pengajuan ETF Bitcoin. Hal ini menandakan perubahan signifikan dalam dinamika pasar mata uang digital.

Stablecoin: Ancaman Baru bagi Bitcoin?

stablecoin ancaman bitcoin
Sumber: BFA Global

Dalam pengajuan ETF Bitcoin terbarunya, BlackRock mengejutkan dunia dengan menyebut stablecoin sebagai faktor risiko. Stablecoin seperti Tether USD (USDT) dan Circle USD (USDC) yang biasanya dianggap stabil, kini dilihat sebagai ancaman potensial bagi Bitcoin.

Baca juga: Aliran Dana Pasar Crypto Melalui Stablecoin Meningkat, Pertama Kalinya dalam 17 Bulan!

Meski BlackRock tidak secara langsung berinvestasi dalam stablecoin, mereka mengakui bahwa aset ini dapat memberikan dampak signifikan pada pasar Bitcoin dan mata uang digital lainnya. Volatilitas yang melekat pada stablecoin, meski namanya menunjukkan stabilitas, telah mempengaruhi harga Bitcoin di masa lalu.

Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara berbagai aset crypto lebih kompleks dari yang sebelumnya dipikirkan.

Implikasi Dari Penilaian BlackRock

blackrock dirumorkan berpaling ke xrp
Sumber: Bitcoin News

Penilaian BlackRock terhadap stablecoin bukanlah komentar sembarangan, melainkan analisis mendalam tentang kompleksitas pasar crypto. Sikap hati-hati BlackRock ini sejalan dengan badan regulasi besar seperti Federal Reserve AS, yang telah memberi label stablecoin sebagai risiko finansial.

Pesan yang disampaikan oleh BlackRock ini menandai momen penting dalam narasi crypto yang sedang berlangsung. Sekarang, fokusnya bukan hanya pada potensi Bitcoin, tetapi juga pada ekosistem aset digital yang lebih luas.

Baca juga: Circle Luncurkan Fasilitas Pencetakan USDC Tanpa Biaya di Singapura!

Stablecoin: Pemain Baru di Dunia Crypto

Seiring dengan meningkatnya prominensi stablecoin, pengaruhnya terhadap dinamika pasar menjadi semakin jelas, menantang dominasi Bitcoin yang telah lama berlangsung. Sorotan BlackRock terhadap stablecoin dalam pengajuan ETF-nya bukan hanya formalitas regulasi.

Ini adalah panggilan bagi investor dan pengamat pasar bahwa lanskap mata uang digital sedang berubah. Stablecoin, yang sebelumnya dianggap stabil dan kurang menarik dibandingkan Bitcoin, kini berada di garis depan perubahan potensial dalam dinamika kekuatan mata uang digital.

Seiring dengan perkembangan pasar crypto, pengaruh stablecoin akan menjadi faktor kritis yang perlu diperhatikan. Perkembangan ini mungkin bukanlah tanda kematian bagi Bitcoin, tetapi tentunya menantang supremasinya, menandai era baru dalam ruang aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: