BlackRock Ungkap Risiko Stablecoin Terhadap Bitcoin, Investor Wajib Waspada!

BlackRock Ungkap Risiko Stablecoin Terhadap Bitcoin, Investor Wajib Waspada!

Dalam sebuah pengumuman yang mengejutkan, BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, mengungkapkan bahwa stablecoin seperti USDT dan USDC menimbulkan risiko signifikan bagi Bitcoin. Hal ini menjadi perhatian serius bagi para investor crypto di pasar crypto.

Risiko Stablecoin Terhadap Bitcoin

BlackRock baru-baru ini menyatakan dalam pengajuan ETF Bitcoin Spot mereka bahwa paparan terhadap stablecoin merupakan salah satu faktor risiko. Stablecoin, yang dirancang untuk mempertahankan nilai setara dengan aset atau mata uang tertentu, seperti dolar AS, ternyata dapat mengalami fluktuasi harga yang signifikan.

Baca Juga: Melihat Pontensi Besar, BlackRock Tingkatkan Investasi di Perusahaan Penambangan Bitcoin!

Kasus-kasus sebelumnya menunjukkan bahwa meskipun stablecoin dimaksudkan untuk stabil, mereka masih dapat mengalami pergerakan harga yang besar. Misalnya, insiden yang melibatkan operator Tether pada 17 Februari 2021 dan 15 Oktober 2021, serta deviasi USDC dari patokan $1,00-nya pada 10 Maret 2023, telah menimbulkan kekhawatiran tentang stabilitas dan keandalan stablecoin.

Dampak bagi Investor dan ETF Bitcoin

bitcoin etf 2 november
Sumber: U Today

BlackRock menyimpulkan bahwa paparan tidak langsung terhadap stablecoin ini dapat menimbulkan risiko signifikan bagi investor dalam ETF Bitcoin mereka. Risiko ini termasuk volatilitas potensial, kesulitan operasional, praktik manipulatif yang mungkin terjadi, dan tantangan regulasi.

Pengungkapan oleh BlackRock ini menyoroti kompleksitas dan sifat risiko yang terus berkembang di pasar crypto. Hal ini menekankan pentingnya kesadaran investor terhadap aset-aset yang mendasari produk keuangan yang terkait dengan mata uang digital.

Paragraf Penutup

Pengungkapan BlackRock ini merupakan peringatan penting bagi para investor di pasar crypto. Risiko yang terkait dengan stablecoin seperti USDT dan USDC harus dipertimbangkan dengan serius, mengingat dampaknya yang bisa sangat besar terhadap nilai Bitcoin dan aset crypto lainnya.

Baca Juga: Penurunan Inflasi AS Mengejutkan, Apa Dampaknya bagi Ekonomi dan Crypto?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: