Ajukan Revisi, BlackRock Siap Luncurkan ETF Ethereum Spot di Bulan Juni 2024?

author:

Array

Ajukan Revisi, BlackRock Siap Luncurkan ETF Ethereum Spot di Bulan Juni 2024?

Jakarta, Pintu News – BlackRock baru saja mengajukan revisi Form S-1 untuk ETF Ethereum spot mereka, yang menandakan peluncuran yang mungkin terjadi pada bulan Juni.

Langkah ini menambah ekspektasi tinggi di pasar crypto dan menyoroti minat besar institusi terhadap Ethereum.

ETF Ethereum Spot Diperkirakan Meluncur di Bulan Juni 2024

ETF (exchange-traded funds) spot Ethereum (ETH) di Amerika Serikat memiliki “kemungkinan besar” untuk diluncurkan pada akhir Juni, menurut para analis, setelah BlackRock memperbarui dokumen penting yang diperlukan untuk peluncuran.

Baca juga: Michael Saylor Sebut Persetujuan ETF Ethereum Merupakan Kemenangan Industri Kripto!

Pada 29 Mei 2024, BlackRock diketahui memperbarui Form S-1 untuk iShares Ethereum Trust (ETHA) mereka dengan Securities and Exchange Commission, hampir seminggu setelah regulator menyetujui pengajuan 19b-4 mereka — keduanya memerlukan persetujuan agar ETF dapat mulai diperdagangkan.

“Ini adalah tanda yang baik. [Kemungkinan] kita akan melihat yang lainnya segera mengikuti.” kata Eric Balchunas, analis ETF Bloomberg, dalam sebuah postingan di X pada 29 Mei.

Sumber: X

Balchunas menambahkan bahwa kemungkinan akan ada putaran lain untuk “menyempurnakan” komentar SEC — tetapi peluncuran pada akhir Juni adalah “kemungkinan besar.”

Namun, Balchunas memperkirakan peluang persetujuannya sekitar 4 Juli 2024, menambahkan bahwa persetujuan lebih awal akan menjadi “kemungkinan kecil.”

Pembaruan Form S-1 ETF Ethereum Blackrock

Sementara itu, analis ETF Bloomberg, James Seyffart, mengatakan bahwa pembaruan Form S-1 dari BlackRock “hampir pasti merupakan langkah yang kami harapkan” karena menunjukkan bahwa “penerbit dan SEC sedang bekerja menuju peluncuran ETF Ethereum spot.”

Pengajuan yang diperbarui oleh BlackRock memberikan rincian tentang investor modal awal untuk iShares Ethereum Trust.

Mengutip laporan Crypto News, sebuah perusahaan afiliasi BlackRock setuju untuk membeli saham senilai $10 juta pada 21 Mei 2024, dan menerima 400.000 saham dengan harga $25,00 per saham.

Sementara itu, Hashdex, penerbit lain yang juga mencari persetujuan untuk ETF Ethereum spot, dilaporkan telah menarik aplikasinya tidak lama setelah persetujuan SEC.

Baca juga: Luxor dan Bitnomial Luncurkan Kontrak Berjangka Hashrate Bitcoin di Bursa AS!

Sumber yang akrab dengan masalah ini mengungkapkan bahwa Hashdex tidak lagi berniat untuk melanjutkan dengan ETF Ethereum aset tunggal.

Persetujuan ETF Ethereum Spot Memengaruhi Harga

Analis memperkirakan bahwa pengenalan ETF Ethereum akan mendorong harga ETH ke level tertinggi baru, karena beberapa melihatnya sebagai taruhan Wall Street pada pertumbuhan Web3. Namun, ada juga spekulasi tentang potensi tekanan harga pada ETH karena Grayscale Ethereum Trust (ETHE).

Seiring dengan konversi ETHE dan penyempitan diskonnya, para analis memprediksi rata-rata aliran keluar harian sekitar $110 juta selama beberapa minggu.

Sementara itu, persetujuan ETF Ethereum baru-baru ini telah membuka pintu bagi lebih banyak produk investasi crypto, menurut penelitian dari Washington Research Group di TD Cowen.

Meskipun kecepatan persetujuan mengejutkan beberapa orang, kelompok penelitian melihatnya sebagai hasil yang tak terelakkan setelah persetujuan ETF Bitcoin awal tahun ini.

Jaret Seiberg, anggota tim TD Cowen, mencatat bahwa persetujuan ETF Ethereum datang sekitar enam bulan lebih awal dari yang diharapkan tetapi dapat diprediksi setelah Securities and Exchange Commission (SEC) memberikan lampu hijau untuk ETF berjangka crypto.

Lebih lanjut, persetujuan ETF ETH spot berpotensi mengonfirmasi status Ether sebagai bukan sekuritas, menurut para ahli industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Biztech Africa

Array