BlackRock Bersiap Pangkas Karyawan, ETF Bitcoin Menanti Restu SEC

BlackRock Bersiap Pangkas Karyawan, ETF Bitcoin Menanti Restu SEC

Kabar mengejutkan datang dari BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, yang dikabarkan akan memangkas 3% dari total tenaga kerjanya. Langkah ini diambil menjelang keputusan penting dari SEC terkait persetujuan aplikasi ETF Bitcoin yang telah lama dinantikan. Apa dampaknya bagi industri crypto dan pasar keuangan global?

PHK Massal di BlackRock

BlackRock, raksasa pengelolaan aset global, tengah bersiap untuk mengumumkan pemutusan hubungan kerja terhadap 600 karyawannya dalam beberapa hari ke depan. Pemangkasan tenaga kerja ini merupakan bagian dari penyesuaian internal yang rutin dilakukan berdasarkan kinerja karyawan selama 12 bulan terakhir.

Keputusan ini muncul di tengah harapan tinggi BlackRock akan persetujuan aplikasi ETF Bitcoin mereka. Pada tanggal 6 Januari, Fox Business melaporkan berdasarkan sumber yang mengetahui masalah ini, bahwa BlackRock mengantisipasi kabar baik dari SEC.

Baca Juga:

Meskipun batas waktu SEC untuk aplikasi ETF Bitcoin BlackRock adalah 15 Januari, harapan untuk mendapatkan lampu hijau tampaknya sangat tinggi. Hal ini terjadi setelah banyak pengajuan amandemen formulir 19b-4 oleh pelamar ETF Bitcoin spot baru-baru ini.

Harapan Tinggi untuk ETF Bitcoin

etf bitcoin spot
Sumber: The Coin Republic

Dalam persaingan ketat untuk mendapatkan persetujuan ETF Bitcoin spot, BlackRock tidak sendirian. Pada tanggal 5 Januari, bersamaan dengan BlackRock, manajer aset lain seperti Valkyrie, Grayscale, dan Bitwise juga telah mengajukan amandemen aplikasi mereka.

Langkah ini merupakan salah satu tahapan akhir dalam proses persetujuan SEC, namun dokumen S-1 masih diperlukan agar bursa AS dapat mencatatkan saham dari sekuritas investasi dengan eksposur langsung ke crypto. Pada Desember 2023, Cointelegraph melaporkan bahwa BlackRock telah mengubah aplikasi ETF Bitcoin mereka untuk memudahkan bank-bank Wall Street berpartisipasi.

Dengan model penebusan in-kind, bank-bank besar dapat bertindak sebagai peserta yang berwenang, memungkinkan mereka untuk menghindari pembatasan yang mencegah mereka secara langsung memegang Bitcoin atau crypto di neraca mereka.

Paragraf Penutup

Dengan pengurangan tenaga kerja yang signifikan dan harapan tinggi terhadap persetujuan ETF Bitcoin, BlackRock tampaknya sedang mempersiapkan langkah besar dalam industri crypto.

Baca Juga: ETF Bitcoin Solusi Masalah Psikologi yang Menghantui Investor: Investor Tak Lagi Ragu!

Keputusan SEC yang akan datang tidak hanya akan berdampak pada BlackRock, tetapi juga pada keseluruhan dinamika pasar crypto dan investasi tradisional. Apakah ini akan menjadi titik balik bagi penerimaan crypto di mata investor institusional?

Referensi