BlackRock Ajukan Formulir S-1 untuk ETF Spot Ethereum! Apa Dampaknya bagi Market Crypto?

BlackRock Ajukan Formulir S-1 untuk ETF Spot Ethereum! Apa Dampaknya bagi Market Crypto?

BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, baru-baru ini mengajukan permohonan untuk meluncurkan exchange-traded fund (ETF) Ethereum. Langkah ini menandai minat yang semakin meningkat dari institusi keuangan terhadap pasar crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

BlackRock Mengajukan Permohonan ETF Ethereum

blackrock spot ethereum
Pengajuan Formulir S-1 ETF spot Ethereum BlackRock. Sumber SEC

Pada 15 November, BlackRock resmi mengajukan permohonan untuk ETF Ethereum ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC). ETF ini, yang dikenal sebagai iShares Ethereum Trust, bertujuan untuk “mencerminkan kinerja harga Ethereum secara umum,” menurut formulir S-1 yang diajukan ke SEC.

Merek iShares dikaitkan dengan produk ETF BlackRock, dengan ETF Bitcoin (BTC) mereka disebut iShares Bitcoin Trust. Coinbase ditunjuk sebagai penjaga untuk ETH yang mendasari. Langkah ini diambil BlackRock hampir seminggu setelah mendaftarkan iShares Ethereum Trust dengan Divisi Korporasi Delaware dan hampir enam bulan setelah mengajukan aplikasi ETF Bitcoin spot mereka.

Baca Juga: Meski Euforianya Tinggi, Volume Transaksi ETF Ethereum Rendah, Apa yang Terjadi?

Proses Pengajuan ETF dan Peluang Persetujuan

Mengajukan ETF spot adalah proses dua langkah di mana penerbit ETF harus mendapatkan persetujuan SEC dari divisi Perdagangan dan Pasar pada pengajuan 19b-4 mereka dan divisi Keuangan Korporat pada pengajuan S-1 atau prospektus mereka.

Banyak raksasa institusional mengajukan ETF spot crypto selama siklus banteng terakhir juga, hanya untuk menghadapi penolakan dari SEC, yang mengklaim ukuran pasar crypto tidak cukup besar untuk ETF spot crypto.

Namun, analis pasar dan ETF memprediksi bahwa peluang persetujuan untuk ETF Bitcoin spot pada awal 2024 sebesar 90%, sementara persetujuan untuk ETF spot ETH mungkin datang setelah itu.

Baca Juga: Aktivitas Akumulasi Whale Ethereum (ETH) Meningkat Menjelang Peluncuran ETF Ethereum!

Dampak ETF Crypto terhadap Pasar

Rush institusional ke ETF spot berbasis crypto datang saat pasar crypto berada dalam fase pemulihan, telah mendapatkan sebagian besar tanah yang hilang dari pasar bear terakhir. Dengan adanya ETF ini, investor lebih luas dapat mengakses pasar crypto, yang berpotensi mendorong pertumbuhan dan adopsi lebih lanjut.

Dengan BlackRock yang mengajukan permohonan untuk ETF Ethereum, ini menunjukkan bahwa institusi keuangan besar mulai melihat potensi dalam pasar crypto. Ini bisa menjadi langkah awal kebangkitan pasar crypto dan membuka peluang baru bagi investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: