Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Kenaikan harga Bitcoin yang didorong oleh aplikasi untuk exchange traded fund (ETF) pasar spot dari BlackRock masih berlanjut.

Sekarang, dengan diluncurkannya ETF pertama untuk Bitcoin futures yang menggunakan leverage, harapan muncul bahwa ETF spot akan segera menyusul.

Harapan Muncul untuk Investor Institusional Terlibat dengan Bitcoin

Bagi banyak investor, kesuksesan BlackRock dapat membawa era baru di mana investor institusional terlibat dengan Bitcoin, terutama jika hal itu membuka peluang bagi pihak lain untuk mengikuti jejaknya.

Menurut Justin Young, co-founder dan presiden Volatility Shares, investor yang ingin terpapar pada Bitcoin mencari cara “terbaik dan paling diatur” untuk berinvestasi.

Oleh karena itu, ia menyebut ETF spot sebagai cara yang paling efektif untuk melakukannya.

SEC Menyetujui ETF Pertama untuk Bitcoin Futures

Amerika Serikat telah menyetujui exchange traded fund (ETF) pertama untuk Bitcoin futures yang menggunakan leverage pada awal Juli 2023.

Volatility Shares 2x Bitcoin Strategy ETF (BITX) dijadwalkan diluncurkan di Chicago Board Options (CBOE) BZX Exchange pada Selasa mendatang, 27 Juni 2023.

Menurut pengajuan SEC, BITX “mencari hasil investasi yang sesuai dengan dua kali (2x) pertumbuhan Chicago Mercantile Exchange (CME) Bitcoin Futures Daily Roll Index.”

ETF, atau exchange-traded fund, mengelompokkan sekuritas seperti saham dan komoditas. Investor dapat membeli saham ETF untuk mendapatkan paparan pada sekuritas tersebut tanpa harus memiliki mereka secara langsung.

BlackRock Mengajukan Ulang ETF Bitcoin Setelah SEC Menyoroti Kekurangan

blackrock etf bitcoin

BlackRock telah mengajukan aplikasi yang telah direvisi untuk exchange traded fund (ETF) yang akan berfokus pada pasar spot Bitcoin setelah regulator mengungkapkan kekhawatiran tentang upaya pertama mereka.

Baca Juga: Semakin Dilirik, ETF Bitcoin Kini Meluncur di Bursa Saham Amsterdam!

Dalam pengajuan baru yang diajukan atas nama BlackRock oleh bursa Nasdaq, BlackRock mengatakan bahwa mereka akan menyelesaikan perjanjian pengawasan dengan Coinbase, yang merupakan salah satu masalah utama yang dikeluhkan oleh SEC ketika menolak aplikasi untuk ETF spot Bitcoin di masa lalu.

Harapan Terbuka untuk ETF Bitcoin Spot

Menurut Justin Young, pendapatannya yang sukses dalam mengajukan ETF Bitcoin futures dapat memunculkan harapan bahwa persetujuan untuk ETF Bitcoin spot sudah di depan mata.

Ia berpendapat bahwa jika SEC telah mengizinkan produk terkait Bitcoin dengan leverage, maka mengapa tidak memperbolehkan ETF Bitcoin spot?

ETF Bitcoin merupakan sekuritas yang mengelompokkan Bitcoin. Sejak 2013 ketika Winklevoss kembar pertama kali mengajukan Bitcoin ETF, SEC telah menolak setiap aplikasi untuk perdagangan di pasar spot.

Dalam penolakannya, SEC menyatakan bahwa para pemohon gagal menunjukkan bagaimana mereka akan melindungi investor dari risiko penipuan atau manipulasi pasar.

Baca Juga: Bukan BlackRock, ARK Invest Jadi Antrian Pertama dalam Pengajuan ETF Bitcoin Spot?

Justin Young mengakui kekhawatiran yang diungkapkan oleh SEC adalah “sangat berdasar,” tetapi ia berpendapat bahwa ETF spot dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik.

ETF di pasar spot yang diatur dengan izin regulator seharusnya dianggap sebagai pilihan yang lebih aman.

ETF spot Bitcoin juga dapat membawa stabilitas lebih banyak ke pasar Bitcoin dan mengurangi volatilitas yang tidak disukai oleh SEC.

ETF yang diatur juga dapat menarik lebih banyak investor yang ingin terlibat dengan produk keuangan yang lebih transparan.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: