ETF Bitcoin BlackRock (IBIT) Pecahkan Rekor dengan Arus Masuk Harian $520 Juta!

author:

ETF Bitcoin BlackRock (IBIT) Pecahkan Rekor dengan Arus Masuk Harian $520 Juta!

Dalam sebuah peristiwa yang menandai babak baru dalam sejarah pasar crypto, ETF Bitcoin spot IBIT milik BlackRock mencatatkan rekor arus masuk harian sebesar $520 juta, dilansir dari The Block (28/2/24).

Kejadian ini tidak hanya menegaskan dominasi BlackRock dalam arena ETF Bitcoin tetapi juga menyoroti gelombang optimisme yang melanda pasar crypto.

Rekor Baru yang Mengejutkan

pasar bitcoin etf spot
Sumber: The Block

ETF Bitcoin spot IBIT BlackRock mencatatkan arus masuk harian yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan total $520,2 juta pada hari Selasa (27/2/24).

Baca juga: Volume Perdagangan ETF Bitcoin Tercatat Sentuh $2 Miliar selama 2 Hari Berturut-turut!

Angka ini melampaui rekor sebelumnya sebesar $493,1 juta yang tercatat pada 13 Februari, menandai sebuah pencapaian signifikan bagi BlackRock dan pasar crypto secara keseluruhan.

Pencapaian ini terjadi di tengah lonjakan harga Bitcoin yang sedang berlangsung, menunjukkan hubungan erat antara kinerja pasar crypto dan minat investor terhadap produk keuangan yang terkait dengan Bitcoin.

Dengan arus masuk yang mengesankan ini, IBIT kembali menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam arus masuk dana, meninggalkan pesaing seperti ETF FBTC Fidelity dan BITB Bitwise jauh di belakang.

Dinamika Pasar yang Berubah

Selain mencatatkan rekor arus masuk, ETF IBIT BlackRock juga mencatatkan volume perdagangan harian baru sebesar $1,36 miliar pada hari Selasa, memecahkan rekor sebelumnya sebesar $1,33 miliar yang dicapai hanya sehari sebelumnya.

Total volume perdagangan untuk semua ETF Bitcoin spot pada hari itu mencapai $3,15 miliar, menjadikannya hari ketiga terbesar dalam hal volume sejak perdagangan dimulai.

Pencapaian ini menunjukkan perubahan dinamika pasar, dengan semakin banyak manajer aset tradisional yang harus mengalokasikan dana ke ETF karena Bitcoin menjadi semakin mudah diakses dan risiko regulasi berkurang.

Baca juga: Harga Bitcoin Tembus Rp1 Miliar, Apa yang Terjadi di Pasar Crypto Hari Ini (29/2/24)?

Hal ini menciptakan “roda keberuntungan” baru dalam pasar, di mana kenaikan harga Bitcoin mendorong lebih banyak alokasi ke ETF, yang pada gilirannya dapat mendorong harga Bitcoin lebih tinggi lagi.

Outlook dan Potensi Masa Depan

Dengan total arus masuk bersih sejak peluncuran ETF pada 11 Januari kini berdiri di $6,7 miliar, pasar ETF Bitcoin spot menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan.

Keberhasilan BlackRock dalam menarik arus masuk dana besar menandakan kepercayaan investor yang meningkat terhadap produk keuangan yang terkait dengan crypto dan dapat mendorong lebih banyak inovasi dan produk serupa di masa depan.

Kinerja IBIT dan ETF Bitcoin spot lainnya juga mencerminkan sentimen positif yang berkembang di pasar crypto, dengan Bitcoin kini hanya berjarak sekitar $10.000 dari rekor tertinggi sebelumnya.

Hal ini menunjukkan bahwa, meskipun volatilitas pasar, minat terhadap Bitcoin dan produk keuangan terkait tetap kuat, membuka jalan bagi pertumbuhan lebih lanjut di sektor ini.

Kesuksesan BlackRock dalam mencatatkan arus masuk harian rekor ke ETF Bitcoin spot IBIT menandai momen penting dalam evolusi pasar crypto.

Dengan meningkatnya minat dan partisipasi dari manajer aset tradisional, pasar crypto mungkin akan menyaksikan lebih banyak inovasi dan pertumbuhan di masa depan, membawa aset digital ke arus utama keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Cryptoslate