BlackRock Gandeng Raksasa Wall Street untuk ETF Bitcoin

BlackRock Gandeng Raksasa Wall Street untuk ETF Bitcoin

Jakarta, Pintu News – BlackRock, perusahaan manajemen aset global, membuat gebrakan baru dengan memperbarui prospektus Bitcoin exchange-traded fund (ETF) pada tanggal 5 April. Kali ini, BlackRock menambahkan lima perusahaan besar Wall Street sebagai authorized participants (AP) yang baru.

Pembaruan Prospektus ETF Bitcoin BlackRock

Perusahaan-perusahaan baru yang bergabung sebagai AP termasuk ABN AMRO Clearing, Citadel Securities, Citigroup Global Markets, Goldman Sachs, dan UBS Securities. Sebelumnya, beberapa AP yang telah ditunjuk adalah JPMorgan Securities, Jane Street Capital, Macquarie Capital, dan Virtu Americas. Peran AP sangat penting dalam mekanisme operasional ETF BTC.

Baca Juga: Today, Game Sosial Mirip Animal Crossing dengan NPC AI, Raih Pendanaan Awal $5 Juta

Mereka dapat membuat dan menebus saham ETF, yang melibatkan pertukaran saham ETF dengan sekumpulan sekuritas yang mencerminkan kepemilikan ETF atau menukarnya dengan uang tunai.

Mekanisme Penciptaan dan Penebusan Tunai

skandal sec
Sumber: The Block

Posisi SEC (Securities and Exchange Commission) terkait mekanisme penciptaan dan penebusan tunai untuk ETF Bitcoin terutama ditujukan untuk mengurangi risiko manipulasi pasar yang terkait dengan transaksi. Mekanisme tunai mensyaratkan bahwa saham baru ETF Bitcoin hanya akan dibuat atau ditebus melalui transaksi tunai, berbeda dengan model in-kind tradisional, di mana pelaku pasar menangani aset dasar secara langsung.

Pendekatan ini dikembangkan untuk mencegah manipulasi harga intraday, sesuai dengan proposal awal oleh manajer aset seperti Hashdex. Mengikuti panduan SEC, manajer aset lain – termasuk raksasa seperti BlackRock, ARK Invest, dan Grayscale – telah memasukkan mekanisme ini ke dalam pengajuan mereka.

Perkembangan ETF Bitcoin

ETF Bitcoin mengalami lonjakan volume perdagangan pada bulan Maret, mencapai $111 miliar. Namun, beberapa analisis menunjukkan bahwa permintaan produk tersebut mulai menurun.

iShares Bitcoin Trust (IBIT) milik BlackRock terus mendominasi volume perdagangan dan aset yang dikelola, diikuti oleh dana Grayscale dan Fidelity Investment. Menurut data dari BitMEX Research, aset IBIT BlackRock mencapai $17,6 miliar pada tanggal 1 April.

BlackRock Gandeng Citi, Citadel, Goldman Sachs sebagai AP

BlackRock telah mengungkapkan nama empat perusahaan Wall Street lagi yang akan membantu membeli bitcoin untuk iShares Bitcoin Trust ETF. Citi, Goldman Sachs, UBS, dan Citadel telah bergabung dengan JP Morgan dan Jane Street sebagai authorized participants (AP) untuk ETF bitcoin spot dari manajer aset terbesar di dunia tersebut.

Waktu pengakuan perusahaan-perusahaan tersebut sebagai AP masih belum jelas. Menurut Eric Balchunas, analis ETF senior di Bloomberg, salah satu kemungkinan adalah bahwa perusahaan-perusahaan tersebut telah menyediakan likuiditas untuk ETF selama beberapa minggu tanpa secara terbuka menyatakan partisipasi mereka dalam dana tersebut karena stigma yang melekat pada industri mata uang kripto.

Baca Juga: Bocoran Strategi Baru Binance dan Gebrakan di Dunia Crypto Gaming di Pasar Crypto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi