Terobosan Baru di Pasar Crypto: ETF Bitcoin Spot Segera Hadir?

Terobosan Baru di Pasar Crypto: ETF Bitcoin Spot Segera Hadir?

Apakah kamu siap untuk revolusi terbaru di dunia crypto? Raksasa investasi BlackRock dan Fidelity sedang dalam pembicaraan intens dengan SEC untuk meluncurkan produk ETF Bitcoin spot yang pertama. Dengan pertemuan terakhir yang tercatat pada hari Senin, harapan akan persetujuan ETF ini semakin tinggi. Ini bisa menjadi langkah besar selanjutnya dalam integrasi crypto ke dalam pasar finansial mainstream. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pertemuan Penting dengan SEC

memorandum blackrock bitcoin
Sumber: SEC Document

BlackRock dan Fidelity, bersama dengan Grayscale dan Franklin Templeton, telah melakukan serangkaian pertemuan dengan SEC. Mereka membahas rincian struktur ETF Bitcoin spot yang diusulkan, dengan tenggat waktu keputusan pada 10 Januari mendatang.

Menurut memo yang diajukan, kedua divisi SEC, Trading and Markets serta Corporate Finance, yang bertanggung jawab dalam persetujuan ETF, terlibat dalam diskusi ini. Pertemuan ini menandai langkah penting dalam proses persetujuan, dengan BlackRock yang telah menyampaikan model penebusan in-kind yang direvisi pada 28 November.

Model ini dianggap lebih efisien dari segi biaya, pelacakan, dan pajak. Namun, SEC mungkin lebih memilih model penebusan tunai, yang masih dalam tahap pembahasan.

Baca Juga: Fidelity Bertemu dengan SEC untuk Membahas Spot Bitcoin ETF!

Risiko Ditanggung oleh Pembuat Pasar Crypto

BlackRock berencana untuk mengurangi risiko bagi bank-bank Wall Street dengan memindahkan risiko ke pembuat pasar crypto. Dalam pertemuan dengan SEC, BlackRock mengusulkan metode penebusan saham ETF yang baru, yang akan memulai proses penebusan dengan pembuat pasar crypto yang mengirimkan uang tunai ke broker dealer.

Model ini diharapkan dapat menawarkan “ketahanan yang lebih baik terhadap manipulasi pasar” dan menciptakan “kesederhanaan dan harmonisasi di seluruh ekosistem.” Model penebusan yang direvisi ini juga akan memudahkan lembaga keuangan besar untuk berpartisipasi dalam ETF Bitcoin, dengan mengurangi risiko dan mempercepat proses penebusan.

Hal ini diharapkan dapat menarik lebih banyak dana institusional ke dalam ETF Bitcoin, yang akan memberikan dampak signifikan pada pasar crypto.

Baca Juga: Geram! Industri Crypto Menentang Rencana SEC untuk Mengatur DeFi seperti Bursa Sentralisasi

Harapan Tinggi untuk Persetujuan ETF

Meskipun SEC belum membuat keputusan akhir mengenai aplikasi ETF Bitcoin BlackRock, analis memperkirakan bahwa regulator akan mengeluarkan keputusan pada awal bulan, antara 8 dan 10 Januari. Keputusan ini sangat dinantikan karena akan membuka pintu bagi investor untuk mendapatkan eksposur terhadap Bitcoin tanpa harus membeli atau menyimpan aset secara langsung.

Jika disetujui, ETF Bitcoin spot akan menjadi tonggak sejarah, karena produk serupa telah dihindari oleh pasar AS selama lebih dari satu dekade. Persetujuan ini juga diharapkan akan memicu arus modal besar ke pasar crypto, menandai era baru dalam investasi digital.

Kita berada di ambang kemungkinan besar dalam dunia investasi crypto. Dengan BlackRock dan Fidelity di garis depan, ETF Bitcoin spot bisa segera menjadi kenyataan. Ini bukan hanya tentang kemudahan akses bagi investor, tetapi juga tentang legitimasi dan integrasi crypto ke dalam sistem keuangan global. Mari kita nantikan keputusan SEC yang akan menentukan masa depan investasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: