BlackRock Merevisi ETF Bitcoin Spot untuk Akses yang Lebih Mudah Bagi Bank!

author:

BlackRock Merevisi ETF Bitcoin Spot untuk Akses yang Lebih Mudah Bagi Bank!

Apakah kamu siap untuk revolusi investasi crypto yang lebih mudah dan aman? BlackRock, raksasa manajemen investasi, baru saja mengubah permainan dengan memperbarui aplikasi ETF Bitcoin mereka, membuka pintu bagi bank-bank besar untuk terjun ke dalam pasar crypto tanpa hambatan.

BlackRock Ubah Strategi ETF Bitcoin

BlackRock telah mengambil langkah strategis dengan merevisi aplikasi ETF Bitcoin spot mereka, memungkinkan bank-bank Wall Street seperti JPMorgan dan Goldman Sachs untuk menjadi peserta yang berwenang.

Baca juga: Fidelity Bertemu dengan SEC untuk Membahas Spot Bitcoin ETF!

Dengan model baru ini, bank-bank tersebut dapat menciptakan saham di dana dengan uang tunai, bukan hanya dengan crypto. Ini berarti mereka dapat menghindari batasan yang menghalangi mereka dari memegang crypto secara langsung di neraca mereka.

Model penukaran barang dan jasa yang direvisi oleh BlackRock dipresentasikan kepada SEC pada 28 November. Sumber: SEC

Model penebusan “prepay” yang baru ini memindahkan risiko dari peserta yang berwenang ke pembuat pasar. BlackRock menegaskan bahwa struktur baru ini menawarkan “resistensi yang superior” terhadap manipulasi pasar, sebuah alasan yang sering digunakan SEC untuk menolak aplikasi ETF Bitcoin spot sebelumnya.

Selain itu, struktur ini diklaim dapat meningkatkan perlindungan investor, mengurangi biaya transaksi, dan memperkuat kesederhanaan serta harmonisasi di ekosistem ETF Bitcoin yang lebih luas.

Dialog BlackRock dengan SEC

BlackRock tidak tinggal diam, mereka telah bertemu dengan SEC yang dipimpin oleh Gary Gensler untuk ketiga kalinya pada tanggal 11 Desember 2023. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada 28 November dan 20 November, di mana BlackRock mempresentasikan model penebusan in-kind mereka yang asli.

blackrock sec
Sumber: X

SEC memiliki batas waktu hingga 15 Januari 2024 untuk membuat keputusan atas aplikasi BlackRock, dengan tenggat waktu akhir pada 15 Maret 2024. Sementara itu, analis ETF memprediksi bahwa SEC akan mengeluarkan keputusan atas beberapa aplikasi ETF Bitcoin spot yang tertunda antara tanggal 5-10 Januari.

Beberapa nama besar lainnya seperti Grayscale, Bitwise, dan Fidelity juga menunggu keputusan dari SEC dalam periode yang sama.

Baca juga: Terungkap! Pando Asset dan BlackRock Bersaing Ketat dalam Perlombaan ETF Bitcoin!

Implikasi bagi Pasar Crypto dan Bank

Jika disetujui, langkah BlackRock ini bisa menjadi perubahan besar bagi bank-bank Wall Street dengan neraca triliunan dolar yang ingin terlibat dalam pasar crypto. Dengan banyak bank yang sangat diatur tidak dapat memegang Bitcoin sendiri, model baru ini menawarkan solusi yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam tren investasi crypto yang berkembang.

Kemudahan akses ini tidak hanya berpotensi meningkatkan adopsi crypto di kalangan investor institusional, tetapi juga dapat membawa likuiditas yang signifikan ke pasar crypto. Ini adalah langkah yang sangat diantisipasi yang dapat membuka pintu bagi lebih banyak inovasi dan integrasi antara sektor keuangan tradisional dan dunia crypto.

Kemajuan BlackRock dalam aplikasi ETF Bitcoin mereka menandakan era baru bagi investasi crypto, di mana aksesibilitas dan keamanan menjadi prioritas. Dengan potensi persetujuan dari SEC, kita mungkin akan menyaksikan gelombang baru partisipasi institusional dalam pasar crypto, membawa dampak yang signifikan bagi dinamika pasar global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: