BlackRock dan ProShares Bitcoin ETF Kalahkan Volume Perdagangan Harian GBTC

BlackRock dan ProShares Bitcoin ETF Kalahkan Volume Perdagangan Harian GBTC

Cryptocurrency Bitcoin semakin populer dan menarik perhatian investor di seluruh dunia. Baru-baru ini, dua cryptocurrency Bitcoin ETF, BlackRock dan ProShares, berhasil melampaui volume perdagangan harian Grayscale Bitcoin Trust (GBTC). Kehadiran ETF ini memberikan alternatif investasi cryptocurrency yang lebih mudah dan aman bagi investor. Simak berita lengkapnya berikut ini!

BlackRock dan ProShares ETF Lampaui Volume GBTC

dominasi gbtc menurun
Sumber: Akun X James Seyffart

BlackRock iShares Bitcoin Trust (IBIT) dan ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) menjadi yang pertama dari sembilan ETF yang melampaui volume perdagangan GBTC. Pada tanggal 1 Februari, IBIT memimpin dengan volume $301 juta, sementara BITO mengakhiri hari dengan perdagangan $298 juta.

GBTC berada di posisi ketiga dengan $292 juta dalam perdagangan. Total perdagangan ETF harian turun di bawah $1 miliar untuk pertama kalinya, dengan volume perdagangan kumulatif mencapai $28,30 miliar. Namun, pada tanggal 2 Februari, GBTC kembali memimpin dengan volume perdagangan $240,68 juta.

Baca Juga: ETF Bitcoin vs Emas: ETF Bitcoin Mengguncang Pasar, Apakah Akan Mengalahkan Emas?

Dominasi GBTC Mulai Menurun

netflow gbtc
Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) netflows. Sumber: CoinGlass

Sebelumnya, GBTC mendominasi pasar cryptocurrency Bitcoin ETF karena arus keluar yang besar dari trust sejak hari pertama perdagangan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kemampuan investor untuk menebus investasi mereka setelah produk diubah menjadi ETF spot, sesuatu yang tidak dapat mereka lakukan sebelumnya.

Selain itu, biaya tinggi Grayscale telah menyebabkan penurunan aset senilai lebih dari $5,8 miliar sejak 11 Januari, menurut BitMEX Research. Produk GBTC dengan biaya lebih tinggi sekarang telah kehilangan lebih dari $5,8 miliar aset pada periode tersebut, dibandingkan dengan arus masuk gabungan sebesar $7,2 miliar untuk sembilan ETF baru, menurut BitMEX Research.

Dominasi ini, bagaimanapun, mulai menurun selama beberapa hari terakhir. Sebelumnya, GBTC mengirim rata-rata $700 juta dalam BTC ke bursa cryptocurrency Coinbase, dan data BitMEX Research di atas menunjukkan bahwa jumlah ini berjumlah kurang dari $300 juta sejak 26 Januari.

Baca Juga: ETF Bitcoin Pertama di AS Resmi Diluncurkan, Mengapa Ini Begitu Penting?

Penjualan GBTC Mulai Berkurang

Arus keluar GBTC sebagian besar disebabkan oleh aksi ambil untung dan dianggap sudah berakhir, yang dapat mengurangi tekanan pada harga BTC. Penting juga untuk dicatat bahwa ketika penjualan GBTC mencapai puncaknya, bursa cryptocurrency FTX menjual seluruh kepemilikan GBTC-nya, yaitu 22 juta saham GBTC, senilai sekitar $1 miliar.

Kesimpulan

Kehadiran BlackRock dan ProShares Bitcoin ETF memberikan alternatif investasi cryptocurrency yang lebih mudah dan aman bagi investor. Meskipun GBTC sempat mendominasi pasar, namun kini dominasinya mulai menurun. Penjualan GBTC juga mulai berkurang, yang dapat mengurangi tekanan pada harga BTC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi