BlackRock dan Fidelity Raih Posisi 10 Besar dengan Aliran Dana Terbesar di Januari!

BlackRock dan Fidelity Raih Posisi 10 Besar dengan Aliran Dana Terbesar di Januari!

Di tengah gempuran pasar crypto yang tak kunjung reda, dua raksasa keuangan, BlackRock dan Fidelity, berhasil mencuri perhatian dengan ETF Bitcoin mereka yang mencatatkan inflow terbesar di bulan Januari 2024. Keberhasilan ini bukan hanya sekedar angka, melainkan sebuah pernyataan dominasi di dunia crypto yang selama ini dikenal fluktuatif dan penuh ketidakpastian.

Dominasi Baru di Pasar Crypto

ETF Bitcoin BlackRock dan Fidelity bukan hanya sekedar produk investasi baru di pasar crypto. Kedua ETF ini berhasil menarik inflow gabungan sebesar $4,8 miliar, sebuah angka yang fantastis yang menempatkan mereka di posisi delapan dan sepuluh besar ETF dengan inflow terbesar di bulan Januari.

BlackRock, dengan iShares Bitcoin Trust (IBIT) nya, berhasil mengumpulkan inflow sebesar $2,6 miliar, sedangkan Fidelity dengan Wise Origin Bitcoin ETF (FBTC) nya mengikuti di belakang dengan $2,2 miliar. Angka-angka ini bukan hanya menandakan kepercayaan investor, tetapi juga menegaskan posisi ETF Bitcoin sebagai instrumen investasi yang matang dan layak di dunia keuangan mainstream.

Baca Juga: Top 5 Centralized Exchange (CEX) Token di 2024

GBTC: Dari Pionir Menjadi Penonton

grayscale bitcoin trust
Sumber: Inside Bitcoin

Sementara BlackRock dan Fidelity merayakan kesuksesan mereka, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) justru mengalami outflow sebesar $5,7 miliar di bulan yang sama. GBTC, yang dulu dikenal sebagai pionir dan raja tak terbantahkan di pasar crypto, kini harus rela posisinya tergeser oleh pendatang baru.

Outflow massif dari GBTC ini bukan tanpa alasan. Konversi GBTC menjadi ETF Bitcoin spot memberikan kesempatan bagi investor untuk keluar dari posisi mereka tanpa harus menjual dengan diskon yang signifikan. Selain itu, banyak investor yang membeli GBTC bukan untuk investasi jangka panjang, melainkan sebagai taruhan pada persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC, yang akhirnya terwujud.

Baca Juga: Nayib Bukele Menangkan Pilpres El Salvador, Bitcoin Tetap Jadi Andalan!

Masa Depan Cerah untuk ETF Bitcoin

Keberhasilan inflow yang diraih oleh ETF Bitcoin BlackRock dan Fidelity menandakan awal dari era baru di pasar crypto. Dengan dukungan institusi keuangan besar dan struktur yang lebih teratur, ETF Bitcoin menawarkan jalan bagi investor tradisional untuk terjun ke dalam dunia crypto dengan lebih aman dan nyaman.

Prediksi pasar menunjukkan bahwa ETF Bitcoin akan terus tumbuh dan berkembang, menarik lebih banyak investor institusional dan ritel. Dengan biaya yang lebih rendah dan struktur yang lebih transparan, ETF Bitcoin siap untuk menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin berinvestasi di crypto tanpa harus terjun langsung ke pasar yang volatil.

Kesimpulan

Kehadiran ETF spot Bitcoin dari BlackRock dan Fidelity menjadi angin segar bagi para investor yang ingin berinvestasi di cryptocurrency terbesar di dunia ini. Dengan aliran dana yang terus meningkat, ETF spot Bitcoin menunjukkan potensi besar untuk menjadi instrumen investasi yang populer dan menguntungkan di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi