ETF Bitcoin BlackRock Satu-satunya dengan Aliran Dana Masuk di Tengah Pasar yang Lesu

ETF Bitcoin BlackRock Satu-satunya dengan Aliran Dana Masuk di Tengah Pasar yang Lesu

Jakarta, Pintu News – Dalam kondisi pasar yang tidak stabil, ETF Bitcoin BlackRock, yaitu iShares Bitcoin Trust (IBIT), menjadi satu-satunya dana yang berbasis di Amerika Serikat yang melihat aliran dana masuk dalam dua hari terakhir, sementara ETF lainnya mengalami stagnasi atau penurunan.

Artikel ini akan membahas dinamika terkini di pasar ETF Bitcoin, dengan fokus khusus pada kinerja IBIT di tengah fluktuasi pasar yang lebih luas. Simak berita lengkapnya disini!

Performa IBIT dan Pasar ETF Bitcoin

performa ibit
Arus dua hari IBIT di kolom kedua dan arus tiga hari GBTC di kolom ketiga dari kanan. Arus total berada di kolom paling kanan. Sumber: Farside Investors.

Pada 15 April, IBIT mencatat aliran dana masuk bersih sebesar $73,4 juta, turun dari $111,1 juta pada hari sebelumnya. Menariknya, delapan ETF lainnya—kecuali Grayscale—tidak melihat aliran dana masuk sama sekali dalam dua hari terakhir.

Sementara itu, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mengalami aliran dana keluar sebesar $110,1 juta pada 15 April, melambat dari $166,2 juta pada 14 April.

Baca Juga: ETF Bitcoin Spot Dinilai ‘Lebih Unggul’ Dibandingkan ETF Emas, Kok Bisa?

Tantangan Pasar yang Lebih Luas

pasar etf bitcoin
Total arus ETF kumulatif hingga 15 April. Sumber: Farside Investors

Sepanjang 14 dan 15 April, keseluruhan 10 ETF Bitcoin spot melihat aliran dana keluar bersih—$55,1 juta dan $36,7 juta, berturut-turut. Aliran dana keluar ini mengikuti akhir pekan yang sulit untuk Bitcoin, yang turun 11,6% selama seminggu menjadi $63,410.

Kondisi ini menyoroti keengganan di antara investor, yang tercermin dalam komentar dari kepala riset CoinShares, James Butterfill, yang mengungkapkan bahwa produk investasi Bitcoin global melihat aliran dana keluar sebesar $110 juta untuk minggu yang berakhir pada 12 April.

Baca Juga: ETF Inverse Cramer Akan Ditutup, Ini Alasannya!

Implikasi dan Proyeksi Masa Depan

Aliran dana masuk yang eksklusif ke IBIT dalam konteks ini menyoroti kepercayaan investor yang berkelanjutan pada produk BlackRock meskipun ada ketidakpastian pasar yang lebih luas.

Kejadian ini juga menunjukkan potensi ketahanan IBIT terhadap volatilitas pasar. Halving Bitcoin yang dijadwalkan pada 20 April juga memainkan peran dalam volatilitas harga, dengan para trader memperhatikan bagaimana halving dapat mempengaruhi aksi harga Bitcoin.

Kesimpulan

Dalam sebuah lingkungan di mana ETF Bitcoin lainnya mengalami stagnasi atau aliran dana keluar, IBIT menonjol sebagai satu-satunya dana dengan pertumbuhan yang signifikan. Ini menunjukkan bahwa, meskipun ada kondisi pasar yang menantang, masih ada peluang pertumbuhan dan ketahanan dalam produk investasi yang tepat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: