Prediksi Harga Bitcoin, ETF Bitcoin Spot BlackRock Berpotensi Dorong BTC hingga Rp887 Juta!

author:

Prediksi Harga Bitcoin, ETF Bitcoin Spot BlackRock Berpotensi Dorong BTC hingga Rp887 Juta!

Bitcoin, mata uang crypto paling populer di dunia, mungkin akan melihat lonjakan harga yang signifikan jika BlackRock, raksasa manajemen investasi global, mendapatkan persetujuan untuk ETF (Exchange-Traded Fund) Bitcoin spotnya. Menurut Matrixport, penyedia layanan crypto, harga Bitcoin bisa melonjak hingga $56,000 atau setara dengan Rp887 juta jika ETF ini disetujui.

Prediksi Matrixport Mengenai Bitcoin

Baru-baru ini, Matrixport memperkirakan bahwa harga Bitcoin bisa naik menjadi antara $42,000 atau Rp665 juta hingga $56,000 atau Rp887 juta jika BlackRock mendapatkan persetujuan untuk ETF Bitcoin spotnya.

Baca juga: Tesla Masih Memiliki Bitcoin (BTC) Sebesar Rp4 Triliun!

Prediksi ini didasarkan pada analisis terhadap 15,000 penasihat investasi terdaftar di AS, yang memproyeksikan aliran dana sebesar $12 miliar hingga $24 miliar ke dalam ETF Bitcoin.

“Jika kapitalisasi pasar Tether meningkat sebesar $24 miliar, yang bertindak sebagai proksi untuk potensi arus masuk ETF, harga Bitcoin akan naik menjadi $42,000, yang mewakili perkiraan konservatif. Dengan masuknya arus masuk yang lebih besar sebesar $50 miliar (alokasi 1% dari RIA), Bitcoin berpotensi menguat hingga $56,000,” kata Matrixport.

Matrixport juga mencatat bahwa komunitas penasihat investasi terdaftar di AS, yang berjumlah 15.000, mengawasi sekitar $5 triliun. Bahkan alokasi 1% saja dari kelompok ini bisa menghasilkan aliran dana hingga $50 miliar.

BlackRock dan Ambisi ETF Bitcoinnya

permohonan etf bitcoin blackrock sec
Sumber: Cryptoslate

BlackRock mengajukan aplikasi untuk ETF Bitcoin spot pada 15 Juni 2023 lalu. Harga Bitcoin naik melebihi $30,000 dari $24,800 dalam tujuh hari setelah pengajuan. Saat ini, Bitcoin diperdagangkan sekitar $28,500 (Rp451 juta).

Namun, SEC menunda sejumlah aplikasi ETF bulan lalu, dengan alasan memerlukan waktu lebih lama untuk mempertimbangkan tindakan lebih lanjut. Hal ini memberi regulator waktu yang cukup untuk mempertimbangkan persetujuan atau penolakan ETF Bitcoin spot dari pemain besar, termasuk BlackRock.

Sebuah laporan palsu mengenai persetujuan ETF BlackRock sempat beredar di media sosial, yang menyebabkan harga Bitcoin melonjak 5% hingga hampir $30,000 sebelum akhirnya dibantah. Simak selengkapnya di Heboh! Kabar Palsu Persetujuan ETF Bitcoin oleh BlackRock Beredar!

Dampak Potensial dari Persetujuan ETF

Jika ETF disetujui, ini akan menjadi tonggak sejarah bagi industri crypto, memberikan legitimasi lebih lanjut kepada Bitcoin dan mungkin mendorong adopsi yang lebih luas oleh investor institusi dan ritel.

Persetujuan ETF juga dapat meningkatkan likuiditas di pasar Bitcoin, memungkinkan lebih banyak investor untuk terlibat dalam perdagangan dan investasi Bitcoin.

Namun, seperti semua investasi, ada risiko yang terkait, dan investor harus selalu melakukan due diligence sebelum membuat keputusan investasi.

Pada akhirnya, dengan potensi persetujuan ETF Bitcoin oleh BlackRock, pasar crypto mungkin akan melihat perubahan dinamika yang signifikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: