BitVM: Inovasi Baru dalam Dunia Crypto yang Membawa Smart Contract Ethereum ke Bitcoin!

author:

BitVM: Inovasi Baru dalam Dunia Crypto yang Membawa Smart Contract Ethereum ke Bitcoin!

Inovasi terkini dalam dunia crypto telah diumumkan. Robin Linus, pemimpin dari proyek ZeroSync, baru saja mempublikasikan makalah berjudul “BitVM: Compute Anything on Bitcoin”. BitVM memfasilitasi kontrak Bitcoin yang lengkap ala Turing tanpa perlu merubah aturan konsensus Bitcoin. Ini adalah berita yang ditunggu-tunggu oleh para pengguna Bitcoin!

BitVM: Merevolusi Cara Kerja Bitcoin

BitVM adalah sistem yang memfasilitasi Bitcoin untuk menjalankan smart contract off-chain dengan verifikasi yang dilakukan di Bitcoin, mirip dengan rollup optimis Ethereum. Dengan BitVM, Bitcoin yang sebelumnya hanya terbatas pada operasi dasar seperti tanda tangan, timelocks, dan hashlocks, kini dapat diperluas.

Baca juga: Dolar AS Runtuh, Mata Uang Crypto BTC, ETH, dan XRP Siap Naik Tahta!

bitvm bitcoin
Sumber: Twitter

Linus menjelaskan bahwa Bitcoin, dalam bentuknya yang sekarang, terbatas pada operasi dasar, seperti tanda tangan, penguncian waktu, dan hash – tetapi sekarang dapat diperluas dengan BitVM, yang menurut Linus dapat menghitung sejumlah aplikasi yang menarik.

“Aplikasi potensial termasuk permainan seperti Catur, Go, atau Poker, dan khususnya, verifikasi bukti validitas dalam kontrak Bitcoin.”

Menurut Linus, BitVM dapat menghitung berbagai aplikasi yang menarik. Namun, model ini memiliki batasan. BitVM hanya dapat berfungsi dalam pengaturan dua pihak, yaitu antara prover dan verifier. Selain itu, diperlukan komputasi dan komunikasi off-chain yang cukup besar untuk menjalankan program.

Reaksi Komunitas Bitcoin terhadap BitVM

Pengumuman tentang BitVM telah mendapatkan reaksi positif dari komunitas Bitcoin. Eric Wall, seorang Bitcoiner terkenal, menunjukkan antusiasmenya terhadap konsep yang dijelaskan dalam makalah BitVM. Namun, Adam Back, kontributor Bitcoin Core, menyarankan agar orang-orang tidak terlalu bersemangat tentang pengembangan ini.

Meski demikian, banyak yang berpendapat bahwa BitVM akan mendorong harga Bitcoin naik di pasar bullish berikutnya. Ada juga yang berpendapat bahwa BitVM tidak akan memaksa Bitcoin untuk “terkunci” dalam kontrak ini.

Pada akhirnya, inovasi ini membuka peluang baru bagi Bitcoin dan dunia crypto pada umumnya. Dengan BitVM, Bitcoin tidak hanya menjadi mata uang digital, tetapi juga platform untuk kontrak pintar.

Meski masih ada tantangan yang harus dihadapi, BitVM menunjukkan potensi besar untuk masa depan Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: