Terobosan Baru dalam Dunia Crypto: Bitcoin Kini Bisa Melakukan Smart Contract Seperti Ethereum!

Terobosan Baru dalam Dunia Crypto: Bitcoin Kini Bisa Melakukan Smart Contract Seperti Ethereum!

Seorang pengembang Bitcoin telah mengusulkan cara baru untuk membawa smart contract off-chain yang lebih ekspresif ke Bitcoin tanpa memerlukan soft fork.

Diumumkan dalam whitepaper yang berjudul “BitVM: Compute Anything on Bitcoin” oleh Robin Linus, pemimpin proyek ZeroSync, BitVM memungkinkan kontrak Bitcoin Turing-complete tanpa mengubah aturan konsensus Bitcoin.

BitVM: Membawa Kemampuan Ethereum ke Bitcoin

BitVM, sebuah sistem yang berdasarkan bukti penipuan dan model tantangan-respons, memungkinkan “pembuktian” untuk membuat klaim dan “verifikator” untuk melakukan bukti penipuan untuk menghukum pembuktian ketika klaim palsu dibuat.

Dengan BitVM, “logika” kontrak Bitcoin akan dieksekusi off-chain, tetapi verifikasi akan dilakukan di Bitcoin – mirip dengan rollup optimis Ethereum.

Arsitektur BitVM didasarkan pada bukti penipuan dan model tantangan-respons di mana “pembuktian” dapat membuat klaim dan “verifikator” dapat melakukan bukti penipuan untuk menghukum pembuktian ketika klaim palsu dibuat.

Baca Juga: CEO Binance Prediksi Pergeseran Harga Bitcoin yang Spektakuler Pasca Halving

Robin Linus menjelaskan bahwa Bitcoin, dalam bentuknya saat ini, terbatas pada operasi dasar, seperti tanda tangan, timelocks dan hashlocks. Namun, kini dapat diperluas dengan BitVM, yang menurut Linus dapat menghitung sejumlah aplikasi menarik.

“Selain itu, mungkin saja untuk menjembatani BTC ke rantai asing, membangun pasar prediksi, atau meniru opcode baru,” kata Linus.

Respon Komunitas Bitcoin terhadap BitVM

bitvm bitcoin

Eric Wall, seorang Bitcoiner terkemuka, memposting di Twitter bahwa konsep yang diuraikan dalam white paper BitVM “memeriksa” dan bahwa dia “hati-hati bersemangat” untuk melihat apa eksperimen dunia nyata yang berasal dari itu.

Namun, Adam Back, seorang kontributor Bitcoin Core, menyarankan bahwa orang-orang tidak boleh terlalu bersemangat tentang pengembangan ini. Pengguna lain, Sam Parker, mencoba untuk menyelesaikan ketakutan umum di antara maksimalis Bitcoin (BTC) dengan menjelaskan bahwa BitVM tidak akan memaksa Bitcoin untuk “terkunci” dalam kontrak ini.

Orang lain, seperti “Psage,” mengatakan BitVM menambah daftar hal-hal yang akan mendorong harga Bitcoin maju di pasar banteng berikutnya.

Paragraf Penutup

Terobosan ini menunjukkan potensi besar untuk Bitcoin dan dunia crypto secara umum. Dengan kemampuan untuk melakukan smart contract seperti Ethereum, Bitcoin dapat membuka peluang baru dan memperluas fungsionalitasnya.

Meski begitu, masih perlu waktu untuk melihat bagaimana implementasi ini akan berdampak pada ekosistem Bitcoin dan crypto secara keseluruhan.

Baca Juga: BitVM: Inovasi Baru dalam Dunia Crypto yang Membawa Smart Contract Ethereum ke Bitcoin!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi