BitTorrent Chain (BTTC): Revolusi Baru dalam Dunia Crypto dan File Sharing?

BitTorrent Chain (BTTC): Revolusi Baru dalam Dunia Crypto dan File Sharing?

BitTorrent, yang dikenal sebagai aplikasi file-sharing peer-to-peer, telah mengalami evolusi besar dengan peluncuran BitTorrent Chain (BTTC).

Dengan integrasi teknologi blockchain dan file sharing, apa yang membuat BTTC begitu menarik?

Sejarah dan Evolusi BitTorrent

BitTorrent pertama kali diluncurkan pada tahun 2001 oleh Bram Cohen dan David Harrison untuk mempercepat proses download file besar di internet.

Berbeda dengan protokol transfer internet lainnya seperti HTTP dan FTP, BitTorrent meminta bagian “acak” dari file dari peer yang berpartisipasi dan dapat mengunduh beberapa bagian sekaligus dari sumber yang berbeda.

Baca Juga: BLUI Token: Lebih dari Sekedar Meme, Inilah Proyek Crypto yang Berfokus pada Kesehatan!

Meskipun popularitas BitTorrent menurun setelah kecepatan internet meningkat pada tahun 2008, Tron Foundation mengakuisisinya pada tahun 2019 dan meluncurkan crypto BitTorrent token (BTT) melalui ICO.

BitTorrent Chain (BTTC): Solusi Skalabilitas Blockchain

BitTorrent Chain (BTTC): Solusi Skalabilitas Blockchain
BTCC

BTTC diluncurkan pada Desember 2021 sebagai solusi skalabilitas blockchain dan protokol interoperabilitas lintas-rantai di Tron.

BTTC mendukung transfer aset lintas-rantai dari blockchain Ethereum Virtual Machine seperti BNB Smart Chain dan Ethereum melalui BTCC Bridge.

Jaringan ini diamankan oleh validator independen menggunakan metode konsensus proof of stake (PoS) dengan biaya gas rata-rata kurang dari $0,01, yang mengurangi biaya transaksi.

Fitur Utama dan Bagaimana Mendapatkan Token BTT

BitTorrent menawarkan berbagai versi downloader torrent untuk pengguna Windows, Mac, dan Android.

Pengguna dapat mempercepat kecepatan download mereka dengan membayar token BTT melalui BitTorrent Speed dan juga dapat menyimpan crypto di BitTorrent Speed Wallet.

Token BTT dapat dibeli di bursa terpusat seperti Binance dan Kraken serta DEX seperti PancakeSwap dan Uniswap.

Selain itu, pengguna dapat memperoleh token BTT melalui berbagai cara, termasuk torrenting, streaming, dan staking.

Baca Juga: XRP dan Solana Melonjak Tinggi: Apa yang Mendorong Gelombang Baru Optimisme Ini?

BitTorrent Chain (BTTC) menunjukkan potensi besar dalam menggabungkan teknologi blockchain dengan dunia file sharing.

Dengan fitur-fitur inovatif dan peluang untuk mendapatkan keuntungan dari token BTT, BTTC mungkin menjadi pemain kunci dalam evolusi teknologi crypto dan P2P.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: